ANALISIS BUKU AJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN

  • Dwi Kurniawati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Siti Halimatus Sakdiyah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Karolus Enso Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Abstrak

This study analyzes a geography textbook for class X SMA/MA published by Erlangga by K. Wardiyatmoko on the basic competency of analyzing lithosphere dynamics and their impact on life. The purpose of this study was to find out 1) the correctness of the concept 2) the feasibility of the language 3) the feasibility of graphics in the Geography textbook Class X SMA/MA published in Erlangga by K. Wardiyatmoko. The type of research used is descriptive quantitative. Data collection techniques in research are documentation assisted by check-lish accompanied by coding. Data analysis techniques use concept analysis, language, and graphics. Based on the results of this study, it can be concluded that the textbooks that have been analyzed are quite good to use, because of the three indicators of suitability of concepts, language correctness, graphic feasibility, only a few sub-indicators whose percentage results are below 40%. In compiling textbooks, you should pay attention to concepts that include material content, use of language and fulfill the rules set by the Curriculum Standards and Education Assessment Agency.

Abstrak

Penelitian ini menganalisis buku ajar geografi kelas X SMA/MA terbitan Erlangga karya K. Wardiyatmoko pada kompetensi dasar menganalisis dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) kebenaran konsep 2) kelayakan bahasa 3)  kelayakan kegrafikan pada buku ajar Geografi Kelas X SMA/MA terbitan Erlangga karya K. Wardiyatmoko. Jenis penelitian yang digunakan yakni kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dokumentasi dibantu dengan check-list yang disertai pengkodean. Teknik analisis data menggunakan analisis konsep, bahasa, dan kegrafikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku pelajaran yang telah dianalisis cukup baik digunakan, karena dari ketiga indikator kesesuaian konsep, kebenaran bahasa, kelayakan kegrafikan hanya beberapa sub indikator saja yang hasil persentasenya dibawah 40%. Dalam menyusun buku ajar hendaknya memperhatikan konsep yang mencakup isi materi, penggunaan bahasa dan memenuhi kaidah yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bahan Ajar Kelas Menyimak Program BIPA IAIN Surakarta. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 146–156.

Amalia, Y. (2018). Analisis kesalahan konsep logika pada buku ajar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Amin, S. (2016). Analisis Buku Teks Geografi SMA Kelas XII Pada Materi Pola Keruangan Desa dan Kota dalam Buku Sekolah Elektronik Terbitan Departemen Pendidikan Nasional. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 3(1), 68–87.

Azhari, kurnia siska. (2018). Analisis Relevansi Buku Teks Geografi dengan Kurikulum 2013 (Studi Kasus Kelas X SMAN Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam )tle. Jurnal Buana, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/student.v2i4.200

Gunawan, I. J., Rini Hazriani, S. P., & Mahardika, R. Y. (2020). BUKU AJAR MORFOLOGI DAN KLASIFIKASI TANAH.

Kurniawati, D. (2012). Analisis media pembelajaran CD interaktif topik" Air Permukaan dan Pemanfaatannya Bagi Aktivitas Manusia" karya Sulton. Universitas Negeri Malang.

Rini, D. P. Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Gambar Ilustrasi Dalam Buku Teks Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Suladi, S. (2014). Paragraf. In Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan. Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa …. https://repositori.kemdikbud.go.id/6327/1/Buku Penyuluhan Paragraf.pdf

Syamsi, K., Sari, E. S., & Pujiono, S. (2013). Pengembangan model buku ajar membaca berdasarkan pendekatan proses bagi siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).

Weningtyas, D. S. (2021). Bagaimana Seharusnya Konsep Desain Sampul Buku yang Baik, Berikut Ini Jawabannya. Portal Purwokerto.Com. https://portalpurwokerto.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1152311606/bagaimana-seharusnya-konsep-desain-sampul-buku-yang-baik-berikut-ini-jawabannya

Zuhdi, M., Makhrus, M., Sutrio, S., & Wahyudi, W. (2019). Sosialisasi tentang mitigasi bencana tsunami dan gempa lombok di jempong baru, sekarbela, Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2).

PlumX Metrics

Diterbitkan
2023-06-30