UPAYA GURU IPS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTs FATHUL ULUM POTERAN SUMENEP

  • Ahmad Shodiqy Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Teacher's Efforts, Learning Difficulties, Social Studies Lessons

Abstract

Learning difficulties is a problem that deserves attention because this is the key to how far the results of learning are. the teacher as the most important indicator must play an active role in overcoming student learning difficulties. So that the learning objectives that have been determined previously can be achieved as much as possible. There are 2 focus problems in this research. First, what are the factors that cause student learning difficulties. Second, how are the teacher's efforts in overcoming student learning difficulties at MTs Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep. This research uses a qualitative approach with a descriptive type. In obtaining data, researchers used several procedures, namely observation, interviews and documentation. The results of this study indicate (1) the factors that influence student learning difficulties, these factors include (a) student internal factors which consist of student learning difficulties due to lack of student interest in learning, low student learning motivation and difficulties in understanding the material presented by the teacher. (b) student external factors, namely environmental factors including family environment, village/community environment and school environment, inadequate textbooks, class environment that is not conducive. (2) The teacher's efforts in overcoming student learning difficulties, namely: (a) Classroom Management (b) Use of Learning Methods and Media (c) Assessment of Student Learning Outcomes (d) Remedial and Enrichment Programs.

ABSTRAK

Kesulitan belajar merupakan suatu masalah yang patut diperhatikan karena hal ini menjadi kunci seberapa jauh hasil dari pembelajaran. Guru sebagai indikator yang paling utama harus berperan aktif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. upaya tujuan dari pembelajaran yang sudah ditentukan sebelumnya dapat tercapai semaksimal mungkin. Terdapat 2 fokus permasalahan dalam penelitian ini. Pertama, apa faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Kedua bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Fathul Ulum Poteran Talango Sumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam mendapatkan data peneliti menggunakan beberapa prosedur yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa, faktor tersebut meliputi (a) faktor internal siswa yakni terdiri dari kesulitan belajar siswa dikarenakan kurangnya minat belajar siswa, motivasi belajar siswa rendah dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. (b) faktor eksternal siswa yakni faktor lingkungan meliputi lingkungan keluarga, lingkungan perkampungan/masyarakat dan lingkungan sekolah, buku pelajaran yang kurang memadai, lingkungan kelas yang tidak kondusif. (2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, yaitu: (a) Pengelolaan Kelas (b) Penggunaan Metode dan Media Pembelajaran (c) Penilaian Hasil Belajar Siswa (d) Program Remedial dan Pengayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (1991). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Alang, S. (2015). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 2 (1), 1–14.

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133.

Angranti, W. (2016). Problematika Kesulitan Belajar Siswa. Gerbang Etam, 10(1), 28–37.

Cantika, T. A. (2014). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Pokok Bahasan Pajak Penghasilan Di SMP Fatahillah Pondok Pinang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Kaifa.

Dewantara, I. P. M. (2012). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIIE SMPN 5 Negara Dan Strategi Guru Untuk Mengatasinya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1–15.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/517

Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (Kunci Sukses Guru Dalam Interaksi Edukatif). Nizamia Learning Center.

Fatmasari, L., & Bahrodin, A. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 3(2), 7–20.

Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036

Hamdayama, J. (2022). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.

Hasanah, A. (2012). Pengembangan Profesi Guru. CV Pustaka Setia.

Ihsan, N. (2014). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN Malang 1 Tlogomas. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibarahim Malang.

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kirk, S., Gallagher, J. J., & Coleman, M. R. (2014). Educating exceptional children. Cengage Learning.

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Munyati, N. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Ditinjau dari Keterampilan Guru Mengajar dan Belajar Kelompok di SMK Negeri 6 Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.

Partowisastro, K., & Hadisuparto, A. (1978). Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Erlangga.

Pautina, A. R. (2018). Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14–28.

Permadi, M. F., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Universitas Jambi.

Rafendi, T. P., Pridana, R. E., & Maula, L. H. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Diswa Kelas IV Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 115–120.

Salimul Jihad, M. S. (2017). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016 / 2017. El - Tsaqafah, xvii(3), 96–118. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/480

Simbolon, L. S. (2013). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Hormon Di SMA Negeri se-Kota Kisaran. Digital Repository Universitas Negeri Medan.

Suharti, Sumardi, Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi Belajar Mengajar. CV. Jakad Media Publishing.

Suhendar, Y. (2014). Panduan Petugas Perpustakaan: Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Supriadie, D., & Darmawan, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Supriyono, W., & Ahmadi, A. (2004). Psikologi belajar. PT Reneka Cipta.

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. HARMONI SOSIAL Jurunal Pendidikan IPS, 4. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. PT Rajagrafindo Persada.

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 375–401.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

UU, N. 2. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Wahab, G., & Rosnawati, R. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Erlangga, Bandung.

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106

Wahyudin, D. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zhahira, J. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Educational Research, 1(1), 85–100. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16

PlumX Metrics

Published
2023-09-18