PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS

  • Faridah Nur Farhah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Learning Media, Audio Visual Media, Learning Motivation

Abstract

The monotonous lecture method makes students' attention to learning less so that an interesting learning tool is needed and can foster student learning motivation. One of the media that can be used is video because there are two elements, namely audio and visual. In its use, videos are favored by students because they make it easier to understand learning material so that students are motivated to learn. This research method uses a qualitative type of research with a case study approach. Data collection is obtained through three ways, namely interviews, observation, and documentation. Data analysis is carried out in four stages, namely data collection, data presentation, verification/conclusions, and data reduction. Test the validity of the data using source triangulation and triangulation techniques. The results showed: The use of audio- visual learning media in social studies subjects went well, student learning motivation was good because students felt happy and interested and actively involved in learning, the advantages of audio-visual media during learning made it easier for teachers to present material and made it easier for students to understand the material. The obstacle faced lies in technical obstacles, namely electricity that goes out during learning.

ABSTRAK

Metode ceramah yang monoton membuat perhatian siswa akan pembelajaran berkurang sehingga diperlukan sebuah perangkat pembelajaran yang menarik serta dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Salah satu media yang dapat digunakan adalah video karena terdapat dua unsur yakni audio dan visual. Pada penggunaannya, video digemari siswa karena memudahkan dalam memahami materi pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui tiga cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan, dan reduksi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: Penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran IPS berlangsung dengan baik, motivasi belajar siswa baik karena siswa merasa senang dan tertarik serta terlibat aktif dalam pembelajaran, kelebihan media audio visual pada saat pembelajaran memudahkan guru dalam menyajikan materi dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Kendala yang dihadapi terletak pada kendala teknis, yakni listrik yang padam saat pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarsari & Hartono. 2017. Pengembangan Media Pop Culture Up Rumah Adat Jawa untuk Pembelajaran Menyusun Teks Deskripsi Pada Peserta Didik Smp Kelas VI. STKIP Siliwangi Journals, Vol. 7(1), http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Daryanto. 2013. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Harahap. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing.

Hasibuan, Rahmadani. 2022. Penggunaan Media Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Hibrul Ulama: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keislaman, Vol 4(1), 60-65, https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.369

Lukman, Ismail. 2021. Menumbuhkan Motivasi Warga Belajar Melalui Media Audio-Visual di SKB. International Journal of Community Service Learning, Vol 5(3), 192-198, DOI:http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3

Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy. Bandung: Alfabeta.

Pradilasari, Lia, et al. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Vol 7(1), 9-15, DOI: 10.24815/jpsi.v7i1.13293

Puspita, Luhita. 2016. Kontribusi Metode Ceramah Bervariasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara Tahun 2016, Skripsi tidak diterbitkan, Lombok: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Mataram.

Puspitasari, P., Putri, P. S. J., & Wuryani, W. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Vol. 1(2), 227-232, http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243

Sandirman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina, 2016. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sidi, J., & Mukminan, M. 2016. Penggunaan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 13(1), https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9903

Suranto, Dwi Iwan, et al. 2022. Pentingnya Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, Vol 1(2), 59-66, https://doi.org/ 10.33578/kpd.v1i2.26

Thresiana, Fransina, et al. 2018. Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 8(3), 219-230,

DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Uno. B Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yudianto, Arif. 2017. Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi Agustus.

Yusnaldi, Eka. 2019. Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan: Perdana Publishing.

PlumX Metrics

Published
2023-12-31