PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 1 SUMBERPUCUNG

  • Yusy Fahmia Suryadi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Cholifah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Discovery Learning Model, Critical Thinking Skills, Geography Learning Outcomes

Abstract

This research aims to 1) determine the effect of the discovery learning model on the critical thinking abilities of students at SMA Negeri 1 Sumberpucung. 2) Knowing the influence of the discovery learning model on student learning outcomes at SMA Negeri 1 Sumberpucung. 3) Knowing the influence of the discovery learning model on critical thinking skills and learning outcomes of SMA Negeri 1 Sumberpucung students. This type of research is a Quasi Experiment with a pretest-posttest control group design. The subjects of this research were students of SMA Negeri 1 Sumberpucung, with class X IPS 1 as the experimental class with 34 students and class X IPS 2 as the control class with 34 students. The discovery learning model data uses a questionnaire, the critical thinking ability data uses an instrument in the form of an essay test, while the learning outcomes data uses a multiple choice question test. Data analysis in this research is the normality test, homogeneity test, and Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) test. The research results showed that 1) the discovery learning model had an effect on the critical thinking abilities of class X students at SMA Negeri 1 Sumberpucung, with a sig value of 0.013 < 0.05. 2) The discovery learning learning model influences the learning outcomes of class X students at SMA Negeri 1 Sumberpucung, with a value of sig. equal to 0.000 < 0.05. 3) The discovery learning learning model can influence the critical thinking skills and learning outcomes of class X students at SMA Negeri 1 Sumberpucung, with a value of sig. equal to 0.010 < 0.05.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sumberpucung. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sumberpucung. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sumberpucung. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain pretest-postest control group. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sumberpucung, dengan kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 34 siswa . Data model discovery learning menggunakan Angket, data kemampuan berpikir kritis menggunakan instrumen berupa tes soal esai, sedangkan data hasil belajar menggunakan tes soal pilihan ganda. Análisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung, dengan nilai sig sebesar 0,013 < 0,05. 2) Model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung, dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. 3) Model pembelajaran discovery learning dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung, dengan nilai sig. sebesar 0,010 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I. H. (2016). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.100

Afandi, M., Chamalah, E., M., Wardani, (2013) Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah.

Agustina, M., Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. 2015.

Agustina, M., Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa.

Christy, P. I., Atmadja, N. B., & Sriartha, I. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). 3(2).

Fadriati, F. (2017). A Model Of Discovery Learning Based - Text Book Of Character And Islamic Education: An Accuracy Analysis Of Student Book In Elementary School. Ta’dib, 20(2), 188. https://doi.org/10.31958/jt.v20i2.1019

Hidayati, R. (2017). Keefektifan setting TPS dalam pendekatan discovery learning dan problem-based learning pada pembelajaran materi lingkaran SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 78–86. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.9451

Hosnan, M, Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 (Ghalia Indonesia,2014)

Istiana, G. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas Xi Ipa Semester Ii Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. 4(2).

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Kurniawati, A. (2021). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Dalam Memecahkan Soal Timss Pada Materi Bilangan. 8(2).

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. 2.

Mentari, W., Achmad, A., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa.

Rizky, Muhamad. (2016). “Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas x SMA Negeri 29 Jakarta,”. Jurnal Education and development.

Nurjanah, R. R., Rinanto, Y., & Prayitno, B. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/ 2019.

Pattiwael, A. (2019). Keterkaitan Lingkungan Geografi Kondisi Sosial Ekonomi Dan Pembagian Kerja Secara Seksual Di Perdesaan [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/ncptj

Pratiwi, F. A. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Artikel Penelitian.

Prawijaya, W. (t.t.). Model–Model Pengembangan Kurikulum.

Purwanto, C. E., & Nughoro, S. E. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis.

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/JPD.062.10

Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865

Sartono, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Fluida Pada Siswa Kelas Xi Mipa 3 Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 3, 52. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28510

Siregar, N. C., & Marsigit, M. (2015). Pengaruh pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 224–234. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7336

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206

Susanti, S., & Kuswidyanarko, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD.

Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. (2017). International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2). https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i2sip98

Wenning, C. J. (2011). 2 Scientific inquiry in introductory physics courses.

Winardi, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad Kelas X Mipa-3 Sma Negeri 4 Pekalongan Tahun 2016. JIPSINDO, 5(1), 81. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20185

Yusmanto, Y. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 2(3), 313. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.68

PlumX Metrics

Published
2023-12-31