PENGARUH INTENSITAS DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

  • Hanana Maghfiroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Lusty Firmantika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Learning Result, Learning Intensity, Learning Discipline

Abstract

Social studies learning outcomes are the results achieved by students when participating in social studies learning which is indicated by grades or numbers according to the minimum completeness set by the school. The level of learning outcomes is influenced by two factors, namely internal and external factors. In this study, there are internal factors, namely the intensity of learning and learning discipline. The purpose of this study explains: 1) To determine the effect of learning intensity on social studies learning outcomes of MTsN 2 Kediri City students., 2) To determine the effects of discipline on Social Studies learning outcomes of MTsN 2 Kediri City students. 3) To determine the effects of learning intensity and learning discipline. on social studies learning outcomes of MTsN 2 Kediri students. This research method uses a quantitative approach with a correlational type. The population of this study was the seventh grade students of MTsN 2 Kediri, which amounted to 485 students, the samples taken in this study were 219 students. The data collection technique used a questionnaire and documentation. Analysis of the data used is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that: 1) There is a significant influence between learning intensity on social studies learning outcomes for grade VII students at MTsN 2 Kediri City. 2) There is no significant effect between learning discipline on social studies learning outcomes for grade VII students at MTsN 2 City Kediri. 3) There is a significant influence between learning intensity and learning discipline on the social studies learning outcomes of class VII students at MTsN 2 Kediri City.

ABSTRAK

Hasil belajar IPS ialah hasil yang dicapai peserta didik ketika mengikuti pembelajaran IPS yang ditunjukkan dengan nilai atau angka sesuai ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah. Tinggi rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pada penelitian ini terdapat faktor internal yaitu intensitas belajar dan kedisiplinan belajar. Tujuan penelitian ini menjelaskan: 1) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar IPS siswa MTsN 2 Kota Kediri., 2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar IPS siswa MTsN 2 Kota Kediri., 3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS siswa MTsN 2 Kota Kediri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Kota Kediri yang berjumlah 485 siswa, sampel yang diambil pada penelitian ini sejumlah 219 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Kediri. 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Kediri. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah, D. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1) hlm. 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996.

Fitrianingtyas, Anggraini, and Alvira Hoesein Radia. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Mitra Pendidikan, 1 (6) hlm. 708–20. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141/65.

Hermaswari, M. S., Lasmawan, I. W., & Sriartha, I. P. 2021. Model Pembelajaran Rekonstruksi Sosial Berbasis Multikultural Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1). hlm. 1-10

If’ah, Ziyadatur dan Suci Rohayati. 2015. Pengaruh Motivasi, Intensitas Belajar, dan Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Pada Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. JPAK, 3(2) hlm. 1- 9.

Nurhayati dan Anna Rislana. 2020. Penerapan Computer Based Test (CBT) Pada Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang hlm. 579.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19. 2005. Standar Nasional Pendidikan. https://pelayanan.jakarta.go.id/.

Putra, Verol Wahyu Diny, and Agung Listiadi. 2020. Pengaruh Motivasi, Minat, Dan Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pengantar Akuntansi Dan Keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 8(3) hlm. 17–28.

Rusni, & Agustan. 2018. Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1) hlm. 1–9. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1233

Sari, N. R., & Yulhendri, Y. 2020. Pengaruh peran guru dalam proses pembelajaran dan intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Padang pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Ecogen, 3(1). hlm. 61-73.

Sudjana, N. 2015. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Thursan, Hakim. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Wadi, H. 2016. Hubungan Kedisiplinan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Las Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 1(1) hlm. 1–8.

PlumX Metrics

Published
2024-01-20