PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MOTIVASI DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS

  • Afriana Kustikasari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Ninik Indawati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Roni Alim Ba’diya Kusufa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: Problem Based Learning Model, Motivation, Library Utilization, Learning Outcomes

Abstract

The aim of this research is to: a) Analyze the influence of problem-based learning models, motivation, and library use together on social studies learning outcomes; b) Analyze the influence of the problem-based learning model on social studies learning outcomes; c) Analyzing the influence of motivation on social studies learning outcomes; d) Analyze the effect of library use on social studies learning outcomes. This research includes quantitative research. The research location is in Cluster 1 Donomulyo, Donomulyo District. The research population was students of SD Negeri 1 Donomulyo and students of SD Negeri 4 Donomulyo, Donomulyo District, Malang Regency, totaling 67 students, so using the entire sample from the population. The data collection technique was carried out with the help of a questionnaire. Data analysis used multiple regression analysis, classical assumption test, T test, F test. The research results showed that the problem-based learning model, motivation, library use together had an influence on social studies learning outcomes; the problem-based learning model influences the learning outcomes of social studies subjects; learning motivation influences learning outcomes in social studies subjects; and library use influences social studies learning outcomes. The suggestion in this research is that teachers can develop innovative learning models, one of which is a problem-based learning model.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk: a) menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah, motivasi, dan penggunaan perpustakaan secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS; b) menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS; c) menganalisis pengaruh motivasi terhadap hasil belajar IPS; d) menganalisis pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Gugus 1 Donomulyo Kecamatan Donomulyo. Populasi penelitian adalah siswa SD Negeri 1 Donomulyo dan siswa SD Negeri 4 Donomulyo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang yang berjumlah 67 siswa, sehingga menggunakan seluruh sampel dari populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan bantuan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji T, uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah, motivasi, penggunaan perpustakaan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPS; model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS; motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS; dan penggunaan perpustakaan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Saran dalam penelitian ini adalah guru dapat mengembangkan model pembelajaran yang inovatif, salah satunya adalah model pembelajaran berbasis masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, B. R. (2019). Hubungan Intensitas Pemberian Tugas Rumah (PR) Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD. Basic Education, 8(6), 577–587.

Aisah. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Batembat. simpkb.id. https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/583229-1670575085.pdf

Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Hidayat, Z., Sarmi, R. S., & Ratnawulan, R. (2020). Efektivitas Buku Siswa IPA Terpadu dengan Tema Energi dalam Kehidupan berbasis Materi Lokal Menggunakan Model Integrated untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(1), 49–56.

Khairunnisa, Y. (2019). Metode Diskusi dan Peer Tutoring Penunjang Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/yulikhairunnisa26/5db019a10d8230019a55a092/metode-diskusi-dan-peer-tutoring-penunjang-keaktifan-siswa-dalam-kegiatan-pembelajaran

Kurnianti, W. A. (2020). Implementasi Manajemen Perpustakaan Terhadap Pengadaan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Iain Batusangkar.

Lenawati, A., & Siswanto, S. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65.

Marpaung, D. (2018). Penerapan metode diskusi dan presentasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(4), 360–368.

Mutia, C. (2019). Perbedaan Kemampuan Metakognitif Dan Self Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Di SMA Negeri 1 Pangkalan Susu. UNIMED.

Noreng, I., Mastuti, S. E., & Utomo, B. B. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(3).

Nurhayani, N., Sudarmiatin, S., & Sunaryanto, S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1443–1449.

Prasetyo, E. (2008). Pemrograman Web PHP & MySQL untuk Sistem Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ratnawati, E. (2016). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 2(1).

Reski, D. J., & Ilyas, A. (2019). Konsep kesiapan siswa dalam mengerjakan tugas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 33–38.

Sani, M. (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3).

Uno, H. B. (2017). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 11–54.

Yahdiyani, N. R., Muna, A. R., & Nurjanah, S. (2020). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas peserta didik di sdn martapuro 2 kabupaten pasuruan. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 327–336.

PlumX Metrics

Published
2024-03-31