Tinjauan Hukum Intrusive Advertising

  • Dewiratri Nur’ilmi
Keywords: Iklan sisipan; UU ITE ; Yusuf al-Qardhawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasangan iklan sisipan tinjauan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta etika bisnis Yusuf al-Qardhawi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Bahan hukum terdiri dari bahan hukum primer yaitu Undang-Undang ITE dan kitab Yusuf al-Qardhawi dan sumber hukum sekunder yaitu Etika Pariwara Indonesia. Metode pengumpulan bahan hukum dengan melakukan studi pustaka  Metode pengolahan bahan hukum dilakukan dengan cara editing, coding, reconstructing dan systemizing. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, pertama, pengaturan iklan sisipan dalam Undang-Undang ITE belum diatur secara khusus. Namun sudah ada pedomannya dalam Etika Pariwara Indonesia yang menggolongkan iklan sisipan sebagai iklan media baru dengan disertai beberapa etika pemasangannya. Kedua, menurut etika bisnis Yusuf al-Qardhawi dalam bidang sirkulasi, dalam melakukan kegiatan bisnis harus disertai dengan kejujuran, amanah dan nasehat. Dengan demikian iklan sisipan yang dipasang mengganggu privasi pengguna internet menyalahi etika bisnis menurut Yusuf al-Qardhawi dan Etika Pariwara Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-05-02