Perlindungan Hukum Driver Grab yang Beriktikad Baik atas Fake Gps (Global Positioning System) (Studi di PT. Grab Kota Malang)

  • Daniar Alifia Fairuza UIN Malang
Keywords: Perlindungan Hukum, Driver Grab, Fake GPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum dari pihak PT. Grab pada driver beriktikad baik serta identifasi dan analisa terhadap kendala PT. Grab atas adanya akun tuyul atau fake GPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan pendekatan conceptual approach. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode wawancara dan dokumentasi kepada PT. Grab dan driver Grab yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian ini adalah belum adanya perlindungan dari PT. Grab yang mengatur secara khusus tentang adanya tindakan kecurangan yang dilakukan bagi sebagian driver Grab yang menggunakan akun tuyul.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) bentuk perlindungan pada prinsipnya terdapat 2 (dua), yaitu: perlindungan hukum preventif, kode etik merupakan aturan yang secara wajib harus di taati oleh setiap mitra (driver) yang terikat perjanjian kemitraan; perlindungan represif, yaitu pihak PT. Grab dapat meminta pertanggungjawaban pada driver Grab yang menggunakan akun tuyul atau fake GPS melalui gugatan ke pengadilan, yang mana fake GPS dalam hukum positif Indoensia dianalogikan sebagai tindak pidana penipuan, yaitu Buku II (tentang kejahatan) dalam Bab XXV Pasal 378 KUHP dan Pasal 35 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik; 2) Kendala dalam memberikan perlindungan hukum kepada driver yang beritikad baik adalah tidak ada mitra driver yang berani melaporkan kegiatan ilegal akun tuyul atau fake GPS dengan tuduhan pidana atas UU ITE kepada polisi karena (1) takut kehilangan pekerjaan atau di musuhi oleh paguyupan akun tuyul. (2) Kendala lainnya adalah meskipun PT Grab menyediakan program GRAB fairplay, mitra driver enggan untuk melaporkan kegiatan ilegal tersebut karena proses yang panjang dalam pembuktian yang membuat takut driver karena tidak dapat mencari nafkah selama proses pemeriksaan.(3) sarana dan prasarana IT yang dapat menunjang pengawasan terhadap driver yang menggunakan akun tuyul atau fake GPS.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-06-30