Urgensi Konsep Perlindungan Konsumen Terhadap Program Flash Sale Pada Marketplace Shopee

  • Muhammd Faizal Luqi Luqman UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Flash sale, Hukum Islam, Perlindungan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas perlindungan hukum konsumen dalam progam flash sale ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan perlindungan hukum konsumen dalam promo flash sale ditinjau dari hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan studi kasus tentang promo flash sale. Data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri atas bahan hukum primer dan sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan adalah content analysis method dengan tinjaun yuridis sebagai metode penguraian materi peristiwa hukum yang digunakan pada penggunanaan data sekunder. Hasil dari penelitian ini ada dua. Pertama, dalam promo flash sale terjadi penawaran yang tidak sesuai dan kurangnya pencantuman hak informasi yang benar dan jelas, sehingga hak-hak konsumen yaitu hak atas informasi yang benar dan jelas menjadi tidak terpenuhi. Kedua dari tinjauan hukum islam, tindakan yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam promo flash sale tidak memenuhi asas beriktikad baik dalam hukum islam yang dapat mengakibatkan hilangnya rasa kepercayaan pada konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-06-30