Pandangan Seniman di Masa Pandemi Covid-19 Tentang Keluarga Sakinah Ditinjau dari Perspektif Sakinah Muhammad Quraish Shihab

  • Devia Bisangadatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Setiap manusia mengharapkan kehidupan rumah tangganya berjalan dengan baik dengan berharap kebahagiaan duniawi ataupun kebahagiaan akhirat nanti. Sebuah keluarga adalah inti paling kecil dari lingkungan masyarakat yang di dalamnya dapat mengaktualisasikan makna hidup dengan menjadikan keluarganya sebagai keluarga yang sakinah hal itu merupakan impian. Jenis penelitian dalam penyusunan skripsi penulis menggunakan penelitian lapangan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan field research, Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini diambil dari dua sumber tersebut, yakni data primer dan sekunder. Hasil Penelitian 1. Keluarga seniman sudah berusaha dan mengupayakan terobosan lain di masa pandemi Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan hidup yaitu terjaganya kestabilan ekomoni keluarganya walaupun mereka harus dihadapkan dengan kondisi wabah pandemi ini, akan tetapi mereka senantiasa berusaha untuk bisa bertahan menjaga keutuhan rumah tangga dengan terciptanya kondisi yang nyaman, tenang, serta bahagia lahir bathin. 2. Pandangan yang diungkapkan oleh beberapa keluarga seniman dalam mewujudkan keluarga sakinahnya memiliki kesamaan dengan konsep sakinah Muhammad Quraish Shihab, akan tetapi konsep sakinah yang di deskripsikan oleh Muhammad Quraish Shihab lebih memprioritaskan sakinah yang bersifat dinamis yaitu diperjuangkan di dalam keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-02-25
How to Cite
Bisangadatika, Devia. 2022. “Pandangan Seniman Di Masa Pandemi Covid-19 Tentang Keluarga Sakinah Ditinjau Dari Perspektif Sakinah Muhammad Quraish Shihab”. Sakina: Journal of Family Studies 6 (1). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/1093.
Section
Article