Pengaruh penggunaan video pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Balesari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan video pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V di SDN 2 Balesari Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan método para-eksperimen dengan satu desain penelitian pretest-posttest. Keseluruhan siswa kelas V berjumlah 10 siswa populasi utama dan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang berupa observasi, tes dan juga wawancara. Dengan menggunakan tes untuk menentukan hasil belajar siswa dalam menjawab soal pilihan ganda. Dan instrumen wawancara dilakukan dengan siswa untuk mengetahui minat pada media video pembelajaran interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan video pembelajaran interaktif mengalami peningkatan.
Downloads
References
Ali, Moh. Mahrush, Sukanto. (2021). Pengembangan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 1 Randudongkal. : Journal of Science Education, 1 (2), 2021, 44-51. http://repository.uin-malang.ac.id/9560/1/9560.pdf.
Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Gusmania Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
Nisa’, A. Z., & Rofiki, I. (2022). Kegiatan Pembelajaran Berbasis Video Sebagai Strategi Penguatan Moderasi Beragama Santri di Kota Blitar. Journal of Dedicators Community, 6(1). https://doi.org/10.34001/jdc.v6i1.2295
Jatmiko, Prayoga Dwi Jatmiko, Anastasia Wijayantin, Susilaningsih Susilaningsih (2016). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 1 No. 2 (2016). http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1803
Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Niẓāmul`Ilmi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v7i1.124
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Diakses 30 Juli 2023. https://stkipalitb.ac.id/wp-content/uploads/2016/07/UU-No-20-2003-ttg-Sisdiknas.pdf
Copyright (c) 2024 Yasinta Apriliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.