Pengaruh penggunaan video pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Balesari

  • Yasinta Apriliani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan video pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V di SDN 2 Balesari Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan método para-eksperimen dengan satu desain penelitian pretest-posttest. Keseluruhan siswa kelas V berjumlah 10 siswa populasi utama dan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang berupa observasi, tes dan juga wawancara. Dengan menggunakan tes untuk menentukan hasil belajar siswa dalam menjawab soal pilihan ganda. Dan instrumen wawancara dilakukan dengan siswa untuk mengetahui minat pada media video pembelajaran  interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan video pembelajaran interaktif mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Moh. Mahrush, Sukanto. (2021). Pengembangan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 1 Randudongkal. : Journal of Science Education, 1 (2), 2021, 44-51. http://repository.uin-malang.ac.id/9560/1/9560.pdf.

Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Gusmania Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196

Nisa’, A. Z., & Rofiki, I. (2022). Kegiatan Pembelajaran Berbasis Video Sebagai Strategi Penguatan Moderasi Beragama Santri di Kota Blitar. Journal of Dedicators Community, 6(1). https://doi.org/10.34001/jdc.v6i1.2295

Jatmiko, Prayoga Dwi Jatmiko, Anastasia Wijayantin, Susilaningsih Susilaningsih (2016). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 1 No. 2 (2016). http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1803

Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Niẓāmul`Ilmi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v7i1.124

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Diakses 30 Juli 2023. https://stkipalitb.ac.id/wp-content/uploads/2016/07/UU-No-20-2003-ttg-Sisdiknas.pdf

PlumX Metrics

Published
2024-03-31
How to Cite
Apriliani, Y. (2024). Pengaruh penggunaan video pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Balesari. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(3). Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4255
Section
Articles