Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif masyarakat Indonesia dalam berbelanja online

  • Meyfa Nur Alfu Laila Amalya Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: online shopping, e-commerce, consumtive, behaviour, internet, lifestyle

Abstract

Technology and the internet that are developing rapidly in Indonesia have changed the lifestyle and behavior of people to become consumptive because of online shopping. This study aims to determine the factors that motivate people to make purchases through online shops. This study uses a qualitative approach. Based on research results, technological advances really help people to reach all information as well as convenience when shopping online. Factors that influence consumptive behavior when shopping online are self-concept, lifestyle, and the reference group for consumptive behavior is divided into 3 namely; impulsive buying/purchasing impulse; non-rational buying/purchases are not rational; and wasteful buying/waste. And several aspects of consumptive behavior are divided into 3 namely; impulsive buying/purchasing impulse; non-rational buying/purchases are not rational; and wasteful buying/waste. The importance of public awareness in taking full advantage of the convenience of online shopping without being consumptive, also considering what is really necessary and useful when shopping online and prioritizing which products are really needed and must be purchased

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhari, F. N., & Dewi, D. A. (2022). Menurunnya Nilai Pancasila Sila Ke 5 Sebagai Dampak Perkembangan Teknologi Pada Kaum Generasi Milenial. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 114–119. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3487

Adriansyah, M. A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2019). Pendekatan Transpersonal Sebagai Tindakan Preventif “Domino Effect” Dari Gejala Fomo (Fear Of Missing Out) Pada Remaja Milenial. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 6(1), 33. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v6i1.2361

Ali, H., & Limakrisna, N. (2013). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi (1st ed.). Deeppublish.

Atunnisa’, M., & Firdiansyah, Y. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(3), 279–295. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i3.2061

Estetika, M. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Siswa Perempuan Kelas XII IPS. 6. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i6.20352

Fatmawati, N. (2020). GAYA HIDUP MAHASISWA AKIBAT ADANYA ONLINE SHOP. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 29(1), 29–38. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.23722

Harisandi, P., & Wiyarno, W. (2023). Pengaruh Belanja Online terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Aplikasi Alfagift-Alfamart. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 173–179. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6712

Izzah, F., & Riyanto, F. D. (2022). Peran Financial Knowledge Dan Financial Attitude Terhadap Financial Management Behavior. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 6(1), 148–156. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i1.5551

Lesawengen, L., & Lasut, J. J. (2020). Tindakan Konsumtif Dalam Aktivitas Belanja Online Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. 13(3).

M, N. & Casmini. (2023). Online Shopping Consumptive Behavior Of Teenagers In The Perspective Of Imam Al-Ghazali. JEKSYAH Islamic Economics Journal, 3(01), 44–55. https://doi.org/10.54045/jeksyah.v3i01.623

Musanna & Hismendi. (2018). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Belanja Online (Studi Kasus Belanja Mahasiswa Menggunakan Media Sosial di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3, 12.

Nurhasanah, E. (2023). Analisis Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Angkatan 2022). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis, 8(1), 47. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.P47-59.30254

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas Hedonis Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif.

Pospos, A. F. F., Fiteri, M., & Hamid, A. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Belanja Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam.

Ridwan, H., Masrul, M., & Juhaepa, J. (2018). Komunikasi Digital Pada Perubahan Budaya Masyarakat E-Commerce Dalam Pendekatan Jean Baudrillard. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 99–108. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.17

Sandi, F. (2022). Dampak Pembelian Online Di Shopee Dalam Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic Di Kota Palopo.

Sazali, H., & Rozi, F. (2020). Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital pada Masyarakat Milenial. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 85–95. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.3556

Susandi, D., & Sukisno, S. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 4. https://doi.org/10.30656/jsii.v4i0.368

Taqwa, Y. S. S., & Mukhlis, I. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 831. https://doi.org/10.24843/EEB.2022.v11.i07.p08

Thamrin, H., & Saleh, A. A. (n.d.). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. 11.

Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan Antara Self Control Dengan Perilaku Konsumtif Pengguna E-Money Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. . Jurnal EMPATI, 9(4), 271–279. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28950

Yuniasanti, R., & Nurwahyuni, W. A. (2023). Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk E-Commerce Pada Generasi Z. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 6(2), 60–69. https://doi.org/10.36341/psi.v6i2.3018

PlumX Metrics

Published
2023-10-01
How to Cite
Amalya, M. N. A. L. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif masyarakat Indonesia dalam berbelanja online. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(4), 263-270. Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4383
Section
Articles