Pengaruh keikutsertaan siswa dalam ekstrakurikuler gerakan pramuka terhadap pengembangan karakter disiplin di sekolah dasar

  • Siti Akmalia Nada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: education, scout movement, character, discipline

Abstract

Pendidikan memiliki peran utama dalam membentuk karakter dan potensi generasi mendatang. Selain aspek akademik, pendidikan non-akademik juga sangat penting, termasuk pengembangan bakat melalui ekstrakurikuler seperti Gerakan Pramuka. Pramuka membantu siswa mengembangkan keterampilan hidup, disiplin, tanggung jawab, dan ketaqwaan. Gerakan Pramuka adalah pendidikan nonformal yang mengajarkan nilai-nilai kepramukaan untuk membentuk karakter yang mandiri, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia. Pendidikan kepramukaan membantu siswa menjadi individu yang disiplin, beriman, bertanggung jawab, dan berkarakter. Disiplin diajarkan dalam Pramuka melalui metode kepramukaan yang mengajarkan kemandirian dan penghargaan terhadap waktu. Pendidikan formal dan nonformal bersama-sama membentuk karakter dan keterampilan siswa. Pendidikan karakter dan keterampilan hidup pada usia dini penting untuk kesiapan masa depan. Pramuka dapat membantu mengatasi krisis moral melalui pendidikan karakter. Dengan demikian, Pramuka memiliki peran penting dalam pengembangan karakter disiplin siswa. Mendorong partisipasi aktif, integrasi nilai-nilai disiplin, peningkatan keterampilan sosial, pengawasan dan evaluasi, serta pengembangan keterampilan kepemimpinan adalah langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk memaksimalkan pengaruh positif Pramuka dalam pengembangan karakter disiplin siswa di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arosyidah, Y. H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Yuni Hafidha Arosyidah Imro’atul Hayyu Erfantinni. 32–36.

Bahtiar, R. S. (2018). Pengembangan Kepramukaan. In Penerbit UWKS PRESS (Vol. 185, Issue 1).

Khoirul Anam Ma, M., & Nurul Kawakip, A. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Karakter melalui Budaya Sekolah di MI Ar Rahmah Jabung-Malang. Journal on Education, 05(02), 1769–1778.

Midya Yuli Amreta, & Alfi Nur Hidayati. (2022). Peran Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa di SDN Medalem I. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(1), 86–90. https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i1.632

Minister of Education and Culture of The Republic of Indonesia. (2014). The ministerial regulation No. 63 of 2014 on scouting. Minister of Education and Culture of The Republic of Indonesia, 1–4.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Safira, N., & Hidayah, A. (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(9). https://doi.org/10.36418/jist.v3i9.489

Wardah Fadiyatunnisa, Nur Luthfi Rizqa Herianngtyas, M. P. (2023). Implementasi kegiatan gerakan pramuka dalam membentuk karakter peserta didik anggota gerakan pramuka di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(55), 33–42.

PlumX Metrics

Published
2023-10-01
How to Cite
Nada, S. (2023). Pengaruh keikutsertaan siswa dalam ekstrakurikuler gerakan pramuka terhadap pengembangan karakter disiplin di sekolah dasar. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(4), 278-282. Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4386
Section
Articles