Urgensi Supervisi Dalam Pembiayaan Pendidikan

  • Binti Roisul Hasanah Program Studi Manajemen Pendididikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Pembiayaan dalam pendidikan sangat diperlukan demi mendukung program sekolah, gaji guru atau karyawan, biaya sarana prasarana, serta biaya yang digunakan untuk mewujudkan siswa yang berkualitas. Namun faktanya tidak semua orang bisa mendapatkan pendidikan yang layak karena terhambat dalam masalah pembiayaan. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan beberapa program yang bertujuan membantu siswa untuk mendapatkan pendidikan yang layak tanpa khawatir masalah biaya dan lembaga pendidikan wajib mengalokasikan dana tersebut seluruhnya untuk kepentingan pendidikan serta menciptakan siswa yang berkualitas. Pembiayaan merupakan pendanaan yang dikeluarkan oleh seseorang atau lembaga dalam rangka membantu investasi yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetepkan. Secara sederhananya pembiayaan pendidikan adalah uang yang di distribusikan dalam rangka membantu proses pendidikan dan jasa pelayanan yang diberikan kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, P. Y. A., & Indrayani, L. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Biaya ‎Pendidikan. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 69. ‎https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.27034‎

Fauziyah, N. L. (n.d.). Supervisi pendidikan perspektif hadis nabi dan ‎pengembangannya dalam meningkatkan kualitas profesionalisme guru.‎

Hambali, M., Rosyidah, A., & Djuwairiyah, D. (2023). Supervisi akademik kepala ‎lembaga pendidikan Islam dalam peningkatan kinerja performa guru. ‎Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 7(2), 211–222. ‎https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i2.2660‎

Mazidah, S. (2018). Manajemen Pembeayaan Bantuan Operasional Sekolah Dalam ‎Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren. J-MPI, 3(1), 41–48. ‎https://doi.org/10.18860/jmpi.v3i1.6254‎

Monita, D. F. (2019). Pembeayaan dalam pendidikan [Preprint]. INA-Rxiv. ‎https://doi.org/10.31227/osf.io/3tyvw

Munir, A. (2013). Manajemen Pembeayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam. At-‎Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.502‎

Nafisah, D., & Sakitri, W. (2017). Manajemen pembeayaan pendidikan di madrasah ‎aliyah.‎

Nupusiah, U. (2023). Prosedur dan Prinsip Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan ‎dan Belanja Sekolah (RAPBS) di SMK Ma’arif Cijulang. 1(2).‎

Puspitasari, F. F., Hamidah, T., & Rofiq, A. (2022). Manajemen Keuangan Lembaga ‎Pendidikan Islam (Studi Tafsir Al-Mizan: M. Husain Tabataba’i). Al-Idarah : ‎Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 66–75. ‎https://doi.org/10.24042/alidarah.v12i1.10910‎

Rosanti Situmeang, Safriadi Pohan, & Rifka Hadia Lubis. (2022). Manajemen ‎keuangan sekolah taman kanak kanak kalam kudus sibolga 2022/2023. ‎Cemerlang : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 180–190. ‎https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.533‎

Suprastowo, P. (2014). Kontribusi Bantuan Siswa Miskin terhadap Keberlangsungan ‎dan Keberlanjutan Pendidikan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), ‎‎149–172. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.135‎

Yaqin, F. A., Sumbullah, U., & Rofiq, A. (2021). Manajemen pembeayaan pendidikan ‎ditinjau tafsir dan hadits tematik. Journal EVALUASI, 5(2), 274. ‎https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.741‎

PlumX Metrics

Published
2023-09-20
How to Cite
Hasanah, B. (2023). Urgensi Supervisi Dalam Pembiayaan Pendidikan. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(3), 106-112. Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4474
Section
Articles