Urgensi Supervisi Dalam Pembiayaan Pendidikan
Abstract
Pembiayaan dalam pendidikan sangat diperlukan demi mendukung program sekolah, gaji guru atau karyawan, biaya sarana prasarana, serta biaya yang digunakan untuk mewujudkan siswa yang berkualitas. Namun faktanya tidak semua orang bisa mendapatkan pendidikan yang layak karena terhambat dalam masalah pembiayaan. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan beberapa program yang bertujuan membantu siswa untuk mendapatkan pendidikan yang layak tanpa khawatir masalah biaya dan lembaga pendidikan wajib mengalokasikan dana tersebut seluruhnya untuk kepentingan pendidikan serta menciptakan siswa yang berkualitas. Pembiayaan merupakan pendanaan yang dikeluarkan oleh seseorang atau lembaga dalam rangka membantu investasi yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetepkan. Secara sederhananya pembiayaan pendidikan adalah uang yang di distribusikan dalam rangka membantu proses pendidikan dan jasa pelayanan yang diberikan kepada siswa.
Downloads
References
Dewi, P. Y. A., & Indrayani, L. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Biaya Pendidikan. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 69. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.27034
Fauziyah, N. L. (n.d.). Supervisi pendidikan perspektif hadis nabi dan pengembangannya dalam meningkatkan kualitas profesionalisme guru.
Hambali, M., Rosyidah, A., & Djuwairiyah, D. (2023). Supervisi akademik kepala lembaga pendidikan Islam dalam peningkatan kinerja performa guru. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 7(2), 211–222. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i2.2660
Mazidah, S. (2018). Manajemen Pembeayaan Bantuan Operasional Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren. J-MPI, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.18860/jmpi.v3i1.6254
Monita, D. F. (2019). Pembeayaan dalam pendidikan [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/3tyvw
Munir, A. (2013). Manajemen Pembeayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam. At-Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.502
Nafisah, D., & Sakitri, W. (2017). Manajemen pembeayaan pendidikan di madrasah aliyah.
Nupusiah, U. (2023). Prosedur dan Prinsip Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) di SMK Ma’arif Cijulang. 1(2).
Puspitasari, F. F., Hamidah, T., & Rofiq, A. (2022). Manajemen Keuangan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Tafsir Al-Mizan: M. Husain Tabataba’i). Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 66–75. https://doi.org/10.24042/alidarah.v12i1.10910
Rosanti Situmeang, Safriadi Pohan, & Rifka Hadia Lubis. (2022). Manajemen keuangan sekolah taman kanak kanak kalam kudus sibolga 2022/2023. Cemerlang : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 180–190. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.533
Suprastowo, P. (2014). Kontribusi Bantuan Siswa Miskin terhadap Keberlangsungan dan Keberlanjutan Pendidikan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 149–172. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.135
Yaqin, F. A., Sumbullah, U., & Rofiq, A. (2021). Manajemen pembeayaan pendidikan ditinjau tafsir dan hadits tematik. Journal EVALUASI, 5(2), 274. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.741
Copyright (c) 2023 Binti Roisul Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.