Sosialisasi ekonomi kreatif

Pemanfaatan kulit jeruk menjadi lilin aroma terapi

  • Latifah Nurul Hidayah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Aromatherapy Candles, Creative Economy, Socialization, Online Marketing

Abstract

Salah satu permasalahan yang ditemukan di Desa Petungsewu,  Kecamatan Dau, Kabupaten Malang  yakni  potensi hasil alam khususnya kulit jeruk yang masih sangat minim pemanfaatannya. Permasalahan tersebur lahir karena keterampilan dan pengetahuan masyarakat yang masih kurang memadai terkait pemanfaatan kulit jeruk yang mana jeruk merupakan salah satu komoditas yang dihasilkan dalam jumlah besar di Desa Petungsewu. Program Kemitraan Masyarakat dalam bentuk sosialisasi ini  bertujuan untuk memberikan saran dan solusi  melalui  pemanfaatan  potensi hasil alam yang termasuk kategori hasil utama di Desa Petungsewu. Di samping itu, sosialisasi  ini juga bertujuan meningkatkan pengetahuan warga pembuatan ekonomi kreatif dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi alam di daerah Petungsewu. Kegiatan pengabdian yang dilakukan tim KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Desa Petungsewu mellaui Sosialisasi ini dilakukan dengan memberikan wawasan terkait manfaat kulit jeruk yang begitu banyak yang mana dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam produk yang salah satunya adalah lilin aromaterapi. Kemudian menayangkan video tutorial pembuatan ekonomi kreatif yang telah dibuat kepada seluruh peserta sosialisasi agar lebih memahami lebih jelas terkait pembuatan aromaterapi. Peserta yang mengikuti yakni jamaah tahlil RT 04 Desa Petungsewu dan dilakukan pada tanggal 11 Januari 2023. Output sosialisasi ini memberikan manfaat langsung terhadap masyarakat Petungsewu khususnya ibu-ibu jamaah tahlil RT 04 Petungsewu baik di bidang sosial maupun ekonomi dengan melaksanakan ekonomi kreatif peningkatan nilai tambah olahan kulit jeruk menjadi lilin aroma terapi tersebut. Selain itu, program ini juga mampu meningkatkan pengetahuan ibu-ibu jamaah tahlil desa Petungsewu dalam memproduksi lilin aromaterapi dengan melihat video tutorial teknik pembuatan lilin aromaterapi yang telah dibuat. Selain teknik pembuatan, sosialisasi tersebut juga telah memberikan pengetahuan peserta kegiatan   terkait pemasaran online produk lilin aromaterapi. Oleh karena itu, program sosialisasi  ini diharapkan mampu menjadi motivasi untuk masyarakat lainya agar meningkatkan kemampuan masyarakat secara optimal khususnya dalam  memanfaatkan potensi alam  yang ada sebaik mungkin melalui ekonomi kreatif agar dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat setempat. (Utami et al. 2022)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fransisca E, Wening DK, Shafira AI. (2022). Pembuatan Lilin Aromaterapi dengan Penambahan Minyak Serai (Cymbopogon Citratus) di Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang Keywords : Aromatherapy Candle, Lemongrass Oil. 4:164–169.

Ishak ZG, Bahri S, Kurniawan E, Desmi A, Mulyawan R. (2022). Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi dan Pengembangan Hasil Produk Unggulan Di Desa Kilometer VIII Simpang Keuramat Aceh Utara. J. Solusi Masy. Dikara. 2(1):18-25.

Maradona M, Hujjatusnaini N. (2022). Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi Ekstrak Serei Wangi dari Lilin Parafin Melalui Metode Demonstrasi Terbimbing Untuk Meningkatkan Kreativitas Remaja Karang Taruna Di Kelurahan Habaring Hurung. Soc. J. Pengabdi. Masy. 1(5):264–271.doi:10.55824/jpm.v1i5.157.

Minah FN, Poespowati T, Astuti S, Muyassaroh M, Kartika R, Elvianto E, Hudha I, Rastini EK. (2017). Pembuatan Lilin Aroma Terapi Berbasis Bahan Alami. Ind. Inov. J. Tek. Ind. 7(1): 29–34.

Melviani, M., Nastiti, K., & Noval, N. (2021). Pembuatan Lilin Aromaterapi untuk Meningkatkan Kreativitas Komunitas Pecinta Alam di Kabupaten Batola. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 300-306.

Nurdiana, ilfi and Segaf, Segaf (2023) Exploring perceptions and elements of entrepreneurial behavior in pesantren: understanding fundamental concepts of entrepreneurial behavior. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7 (3). pp. 962-972. ISSN 25495720. http://repository.uin-malang.ac.id/view/person/Segaf=3ASegaf=3A=3A.html

Utami WF, Pangestuti RS, Susilawati TE. (2022). Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi Untuk Meningkatkan Kreativitas Remaja. An-Nizam. 1(1):145–150.doi:10.33558/annizam.v1i1.3923.

Wardani DTK, Saptutyningsih E, Fitri SA. (2021). Ekonomi Kreatif: Pemanfaatan Limbah Jelantah Untuk Pembuatan Lilin Aromaterapi. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.:402–417.doi:10.18196/ppm.32.224.

Yunus, Moh. (2008) Islam dan kewirausahaan inovatif. UIN-Maliki Press, Malang. ISBN 979-24-3033-4. http://repository.uin-malang.ac.id/1409/

PlumX Metrics

Published
2024-01-17
How to Cite
Hidayah, L. (2024). Sosialisasi ekonomi kreatif. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(3). Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4482
Section
Articles