Kemampuan literasi informasi Komunitas Teman Aksara dalam membuat bahan materi pelajaran untuk kelas menulis
Abstract
Penelitian ini membahas tentang keterampilan literasi informasi Komunitas Teman Aksara dalam membuat materi pembelajaran kelas menulis dengan menggunakan model pemberdayaan delapan literasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang dimaksud adalah metode penelitian yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu fenomena atau peristiwa secara rinci dan mendalam. Wawancara dan studi literatur digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Para pengelola yang bertanggung jawab memproduksi materi diketahui memiliki pemahaman yang baik tentang konsep literasi informasi dan telah menerapkannya dalam mencari informasi dari sumber yang terpercaya. Hasilnya, Komunitas Teman Aksara terlihat mampu mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan berdasarkan kebutuhan informasi pada materi kelas menulis. Kemudian, Komunitas Sahabat Aksara diharapkan dapat mengajarkan anggotanya bagaimana menerapkan model literasi delapan pemberdayaan dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Delapan tahapan literasi informasi meliputi mengidentifikasi, mengeksplorasi, memilih, mengorganisasikan, membuat, menyajikan, menilai, dan menerapkan.
Downloads
References
Astuti, S. I. (2009). Agar tak tenggelam dalam banjir informasi. In universitas islam bandung Fakultas Ilmu Komunikasi. http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/14112
Ganggi, R. I. P. (2013). evaluasi berbasis empowering 8 terhadap tingkat literasi informasi mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta angkatan 2010/2022. In Fakultas Adab dan ilmu budaya universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta (Vol. 123, Issue 10, pp. 2176–2181). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8226/2/BAB
Mirazita, Y., & Rohmiyati, Y. (2015). Studi Literasi Informasi Mahasiswa Ko-Asisten Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Menggunakan the Empowering Eight Model. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 78–85. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9509
Mufid, S.Ag., SS., M. H. (2016). Literasi Informasi. Perpustakaan Universitas Indonesia, 1. http://lontar.ui.ac.id/il/
Prawita Khairi. (2020). Evaluasi Literai Informasi Siswa/Siswi di Perpustakaan MTSN 4 Rukoh dengan Menggunakan Model Empowering Eight. Skripsi Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 81. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14794/1/Khairi
Rahmat Akbar Nasrullah. (2018). Empowering 8 Dalam Pengukuran Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Rahmi, L. R., & Erza, E. K. (2021). Kompetensi Literasi Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid 19 Information …. Publication Library and Information …. http://litabmas.umpo.ac.id/index.php/PUBLIS/article/view/3904
Rindyasari. (2008). Literasi Informasi Guru : Studi Kasus SMA Perguruan Islam Al-Izhar Pondok Labu. https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20160366-RB13R194l-Literasi
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Widyastuti, D., IG, H., Premierita, N. P., & ... (2016). Literasi Informasi Pustakawan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka (Studi Deskriptif di Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta). In Jurnal Ilmiah D3 …. academia.edu. https://www.academia.edu/download/61888500/Ewi20200124-38347-hki1t2.pdf
Zuntriana, A. (2017). Literasi informasi dan media di era pasca kebenaran: membangun daya kritis publik melalui institusi perpustakaan. Media Informasi, 1–11. http://repository.uin-malang.ac.id/4409/
Copyright (c) 2024 Rizafan Dany Rahmat, Muhammad Qolbi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.