Integrasi matematika
Pembelajaran matematika pada materi persamaan linear dua variabel kelas VII yang terintegrasi dengan Al-Qur’an
Abstract
Matematika memiliki hubungan yang erat dengan nilai-nilai Al-qur’an melalui pembelajaran matematika dengan proses belajar yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik guna untuk menjadikan peserta didik mampu dan faham mengenai konsep matematis sesuai dengan tujuan dan teori matematika yang diintegrasikan dengan Al-qur’an. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matemaatika yang terintegrasi dengan nilai Al-qur’an pada materi persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan terpadu antara Al-qur’an dan matematika. Langkah penelitian kajian literatur ini dengan mencari referensi kemudian diringkas dan dianalisa sehingga diperoleh bentuk model integrasi dalam materi persamaan linear dua variabel menggunakan model pengembangan Mathematics from Al-qur’an. Salah satu bentuk integrasi persamaan linear dua variabel dengan Al-qur’an terdapat pada QS. Al-baqarah ayat 234.
Downloads
References
Abdussakir, R. dan. (2017). Model Integrasi Matematika dan Al-Qur’an serta Praktik Pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Qur’an.
Kriswandani, W. dan. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Widya Sari Press.
Muhsetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka.
Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. PT. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2024 Marsela Wanda Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.