Integrasi matematika

Pembelajaran matematika pada materi persamaan linear dua variabel kelas VII yang terintegrasi dengan Al-Qur’an

  • Marsela Wanda Pratiwi Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Learning, Two Variable Linear Equations, Qur’anic Integrastion

Abstract

 

Matematika memiliki hubungan yang erat dengan nilai-nilai Al-qur’an melalui pembelajaran matematika dengan proses belajar yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik guna untuk menjadikan peserta didik mampu dan faham mengenai konsep matematis sesuai dengan tujuan dan teori matematika yang diintegrasikan dengan Al-qur’an. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matemaatika yang terintegrasi dengan nilai Al-qur’an pada materi persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan terpadu antara Al-qur’an dan matematika. Langkah penelitian kajian literatur ini dengan mencari referensi kemudian diringkas dan dianalisa sehingga diperoleh bentuk model integrasi dalam materi persamaan linear dua variabel menggunakan model pengembangan Mathematics from Al-qur’an. Salah satu bentuk integrasi persamaan linear dua variabel dengan Al-qur’an terdapat pada QS. Al-baqarah ayat 234.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir, R. dan. (2017). Model Integrasi Matematika dan Al-Qur’an serta Praktik Pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Qur’an.

Kriswandani, W. dan. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Widya Sari Press.

Muhsetyo, G. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka.

Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. PT. Remaja Rosdakarya.

PlumX Metrics

Published
2024-06-30
How to Cite
Pratiwi, M. (2024). Integrasi matematika. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(6). Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/5349
Section
Articles