Pengembangan E-LKPD berbasis kontekstual dengan media Liveworksheets materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik SMP kelas VIII
Abstract
Contextual-based development of E-LKPD during the Covid-19 pandemic which utilized Liveworksheet media in mathematics learning flat sided building material with the aim of increasing student motivation at home and improving student learning outcomes even though learning can only be carried out online.
Downloads
References
Adinawan, M.Cholik & Sugijono. (2007). Matematika SMP kelas VIII. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri B.Y.I., dan Hartini, S. (2020). Penerapan model problem based learning berbantuan LKPD Live worksheet untuk meningkatkan keaktifan mental siswa pada pembelajaran tematik kelas va SD Negeri Nogopuro. prosding pendidikan profesi guru. Vol.1 (1). Hal 122- 130.
Celikler, D. (2010). The effect of worksheets developed for the subject of chemical compounds on student achievement and permanent learning. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1): 42–51.
Denisa, L. & Hakim, L. (2021). Pengembangan E-Modul kontekstual akuntansi perbankan syariah kelas XI berbasis Flip Pdf professional. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 9(1): 79–87.
Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar kerja peserta didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98– 108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543.
Fuadi, Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47-54.
Haka, N. B., Anggita, L., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Pengaruh Blended Learning berbantukan Google Classroom terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1806.
Hamid, H. (2013). Pengembangan sistem pendidikan di Indonesia (p. 125). Bandung : Pustaka Setia.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning berbasis Literasi digital pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183–208. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.
Hardiyanti, P.C. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning materi hidrolisis dan penyanga untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis dan interpersonal peserta didik. Pascasarjana UNNES.
Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.
Kahar, Muhammad Syahrul, and Muhammad Ruslan Layn. (2018). Analisis respon peserta didik dalam implementasi lembar kerja beriorentasi pemecahan masalah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 6, no.3:292.
Lathifah, dkk. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4, no. 2: 0–5. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5054
Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta.
Maryanti, Y. (2021). Rancangan bangun live worksheets berbasis kecerdasan majemuk pada materi getaran harmonik sederhana. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Nisa', Asfira Zakiatun and Rofiki, Imam (2022). Kegiatan pembelajaran berbasis video sebagai strategi penguatan moderasi beragama santri di kota Blitar. Journal of Dedicators Community, 6 (1). pp. 1-10. ISSN 2548-8791.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik tinjauan teoritik dan praktik. Jakarta: Kencana.
Riduwan. (2005). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.
Salsabila, dkk (2020). Capaian pembelajaran daring ditinjau dari model dan motivasi belajar. Presented at International Conference of Islamic Education 2020, 12 Nov 2020, Malang.
Sanjaya, Wina. (2014). Strategi pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, V. A., & Agustini, R. (2020). Pengembangan LKPD berorientasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk melatih keterampilan memecahkan masalah pada materi koloid SMA. Unesa Journal Of Chemical Education, 9(1), 79–83.
Sholehah, F., Sunarto, S., & Gazali, M. (2021). Pengembangan E- LKPD berbasis kontekstual menggunakan liveworksheet pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP Ahmad Dahlan kota Jambi. Skrpsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi. Retrieved from: http://repository.uinjambi.ac.id/8567/
Sitiatava, Rizema Putra. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Diva Press.
Sudaryono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Syamsuddin, Syaiful and Utami, Mutiara Arlisyah Putri (2021). Efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan contextual teaching and learning. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1 (1). pp. 32-40. ISSN 2776-8872
Tegeh, Made Dkk (2014). Model penelitian pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu.
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 40-58.
Widiyanti, A. (2021). Pengembangan bahan ajar E-LKPD menggunakan Live Worksheet pada materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. Eprints UMM, 20.
Yazid, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif dengan strategi TTW (think-talk-write) pada materi volume bangun ruang sisi datar. Journal of Primary Educational. Vol. 01 (01): 31-37
Copyright (c) 2024 Fadhlillah Anjany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.