Analisis pengaruh Total Asset Tunover (TATO) dan Debt Equity Ratio (DER) terhadap Return on Equity (ROE) : pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2017-2021

  • Hanif Rahmawati Program Studi Manajemen, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: DER, TATO, ROE, Analysis, Finance

Abstract

TATO (Total Asset Tunover), DER ( Debt Equity Ratio) merupakan rasio keuangan  yang penting bagi perusahaan. DER adalah rasio yang  memberikan gambaran tentang sejauh mana perusahaan menggunakan sumber dana eksternal (hutang) dibandingkan dengan sumber dana internal (ekuitas) dalam struktur modalnya. Sedangkan  TATO mengukur seberapa efisien perusahaan dalam menggunakan asetnya untuk menghasilkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh TATO (Total Asset Tunover) dan DER ( Debt Equity Ratio) terhadap ROE ( Return On Equity) pada perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII). Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari website idx dan wesbsite masing- masing perusahaan. Analisis menggunakan Uji regresi linier berganda. Hasilnya adalah TATO dan DER berpengaruh secara signifikan terhadap ROE.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani Pongrangga Moch Dzulkirom Muhammad Saifi, R. (2015). Pengaruh current ratio, total asset turnover dan debt to equity ratio terhadap return on equity (studi pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2011-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 25(2).

Fatoni, H. A., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (n.d.). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan good corporate governance (gcg) sebagai variabel moderasi. Sikap, 5(2), 2021–2137.

Laylia, N. N., & Munir, H. M. (2022). NPM terhadap harga saham dengan eps sebagai variabel moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2). www.idx.co.id.

Ngadenan, N., & Wibowo, D. (2022). Pengaruh total asset turnover (tato) dan current ratio (cr) terhadap return on asset (roa) di PT JASA MARGA (PERSERO) TBK periode tahun 2018 – TRIWULAN I TAHUN 2021. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 12(2). https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/ilmiahm-progress/article/view/905

Raharjo, S. (2016)). Analisis regresi linier berganda sekaligus asumsi klasik dengan SPSS.

Salsabila, N. A., & Miranti, T. (2021). Faktor pengaruh rasio keuangan terhadap harga saham perusahaan jakarta islamic index(JII). 12(1).

PlumX Metrics

Published
2024-01-31
How to Cite
Rahmawati, H. (2024). Analisis pengaruh Total Asset Tunover (TATO) dan Debt Equity Ratio (DER) terhadap Return on Equity (ROE) : pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2017-2021. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(1). Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/5514
Section
Articles