Metode pembelajaran bahasa arab menggunakan k13 di madrasah

  • Hilma Ro'ipatus Sopiyana Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Arabic, K13, Learning Method

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan menggunakan Kurikulum 2013 (K13) di madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus, subjek penelitian ini ialah siswa kelas 10 dan 11 MAN 1 Banyuwangi dengan Teknik mengumpulkan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru bahasa Arab, dan analisis dokumen terkait K13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah menggunakan beberapa metode pembelajaran bahasa Arab yang menggabungkan pendekatan tradisional dan kontemporer. Salah satu metode yang umum diterapkan adalah metode komunikatif/langsung. Selain itu, metode terpadu juga digunakan di madrasah, metode ini mengintegrasikan keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dengan pemahaman tata bahasa dan kosakata. Juga menerapkan metode berbasis proyek, di mana siswa terlibat dalam kegiatan yang menuntut penggunaan bahasa Arab secara aktif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa madrasah secara aktif mengadopsi berbagai metode pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dengan prinsip-prinsip K13. .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. N. (2020). METODE-METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. 159–169.

Amrulloh, M. A. (2020). Lahjah Arabiyah Lahjah Arabiyah. 1(2), 81–89.

Bahasa, P., & Di, A. (n.d.). وأ ناك ايكيسلاك يملاسلإا ثارتلا مهفل مدختست ةادأ يه ةيبرعلا ةغللا ينملعتلما نس نم لىولأا لحارلما ذنم ئدب ةيبرعلا ميلعت و ملعت نأ عمو . اثيدح ةعمالجا نم ةبلطلا كلذ في ابم ، ينملسلما نم ايربك اءزج نأ لاإ ينيسينودنلإا . ةيبرعلا صوصنلا مهف فى ةبوعصلا نوهجاوي . 5(1).

Bahasa, P., & Metode, A. (2011). Pengajaran bahasa arab dengan metode eklektik. 11(1), 65–74.

Hidayat, Y. (2018). Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. 1(1). https://doi.org/10.18196/mht.113

Jamil, H. (2020). ديرتج رضحو . ةيبترلا اهنم ، ةيرثكلا يحاونلا ىلع يرثتأ نلآا ةعبارلا ةيعانصلا ةروثلا في نمزلا يريغت ذخيأو نومدختسي ةيبرعل ا ةغللا يملعم نم يرثك نكلو . نمزلا يريغتب بسانتل ةيرثكلا ميلعتلا قرط ةيبترلا ءاملع بلاطلا لاوحلأ ةبسانمـلا تلازام ةقيرطلا هذه نلأ اتبثا. 2(1), 30–39.

Jubaidah, S., & Asrori, I. (n.d.). لما يدهعف لئاسلما ثحب ضارغلأ ةءارق لا ةراهم ميلعت. 6(2), 397–413.

Juhrani, M. (2022). e-ISSN: 2807-8632 Published by : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya. 2, 1701–1713.

Metode, P., Dalam, L., Bahasa, P., Di, A., Al-islam, P. P., & Ponorogo, J. (2017). Khadimul ummah. 1(November), 1–8.

Muhlis, M., Sumbulah, U., Maimun, A., & Barizi, A. (n.d.). ةيبرعلا ةغلل بلاطلا مهف نيسحت يف ايجوغرادنلأا خهن ذيفنت. 6(2), 361–367.

Muslimati, I., Mifta, D., Alfansa, F., & Nur, A. (2023). Optimalisasi pembelajaran bahasa arab berbasis proyek pada mahasiswa. 1(1), 26–31.

Noviani, M. (2022). Metode Project Based Learning Sebagai Solusi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Era Covid 19 di MA Rohmaniyyah Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. Uktub: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1. https://doi.org/10.32678/uktub.v2i1.5279

Rahmanudin, I., & Syah, B. L. (2022). Penggunaan Metode Fitrah Berbasis Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 4(2), 76–83.

Rokhhmatulloh, N. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Arab.

Science, P. (2007). 张宝山 1,2 俞国良 3 ( 1. 993–1001.

Tazkiyah, U. A., & Ahmad, M. I. (2023). ر ةيملاسلإا ةيوناثلا ةسردملا ذيملاتل ملاكلا ةراهم ةءافك ةيوقت ةيجيتا تسا راتيلب لىولأا ةيموكحلا ر ةمدقم ر تاراهملا معد ف ي ةيوقت دوجو مدع ه ي ثدحت تلا ي ةلكشملا ي ةيبرعلا ةغللا ملعت ف ةيوغللا ةطشنلأا قبطي مل ةيبرعلا ةغللا ملعم نم ليلق ، ملاكلا ةراهم ميلعت. 2(2), 61–72.

PlumX Metrics

Published
2023-12-28
How to Cite
Sopiyana, H. (2023). Metode pembelajaran bahasa arab menggunakan k13 di madrasah. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(4). Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/5620
Section
Articles