Penggunaan teknologi dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di MAN Pematangsiantar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan teknologi dalam pelaksanaan kurkulum 2013 di MAN Pematangsiantar sejauh mana penggunaan teknologi, teknologi apa yang di gunakan, serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran dan pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan penjelasan secara deskriptif kualitatif sehingga data yang diperoleh rinci dan mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penggunaan teknologi yang diterapkan di MAN Pematangsiantar ialah dengan pemanfaatan TIK melalui berbagai aplikasi seperti powerpoint, google forms, google classroom dan video pembelajaran (Video learning). Selain itu, terdapat pengaruh positif (manfaat) diantaranya yaitu Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, Menambah pengetahuan siswa Meningkatkan kualitas pembelajaran, Meningkatkan motivasi belajar siswa, dan Meningkatkan kemampuan guru. Dan juga terdapat pengaruh negatif (tantangan) diantaranya yaitu, Keterbatasan akses dan infrastruktur, Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru, Ketergantungan pada teknologi, dan Masalah keamanan dan privasi.
Downloads
References
Agung Pramujiono & Nunung Nurjati Guru sebagai Model Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Instruksional di Sekolah Dasar. (2017). http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik
Almajirah, T. (n.d.). Meningkatkan Kreativitas dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Menggunakan Based Learning Melalui Media YouTube Berbasis Video Interaktif. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/H7CM6
Anjani, A., Fitriani, D., Kaputri, M. D., Mahmudah, I., Agama, I., Negeri, I., & Raya, P. (n.d.). Proceeding Seminar Pendidikan Nasional Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah Semester (PTS).
Anwas, O. M., Teknologi, P., Dan, I., Pendidikan, K., Jalan, K., Martadinata, R. E., & Selatan, T. (n.d.-a). Role Of Information And Communication Technology In Implementation Of Curriculum 2013.
Asari, H., Halimah, S., Co Author, M., Besar UIN Sumatera Utara, G., Co Author, Mp., & Pascasarjana UIN Sumatera Utara, D. (2017). Fahrudin: Implementasi Kurikulum 2013 PAI dan Budi pekerti implementasi kurikulum 2013 pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam menanamkan akhlakul karimah siswa.
Cara Membuat Kuis dan Ulangan Menggunakan Google Form - Direktorat SMP. (n.d.). Retrieved June 14, 2023, from https://ditsmp.kemdikbud.go.id/cara-membuat-kuis-dan-ulangan-menggunakan-google-form/
Haidir, M., Farkha, F., Mulhayatiah Program Studi Pendidikan Fisika, D., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81–89. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266
Hambali, Muh. (2016) Manajemen pengembangan kompetensi guru PAI. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (J-MPI), 1 (1). pp. 75-89. ISSN 2477-6467. http://repository.uin-malang.ac.id/304/
Hasanah, U., Haromain, N., & Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, F. (2021). DI MI TARBIYATUL ATHFAL (Vol. 11). http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/
Kastawi, N. S., Widodo, S., & Mulyaningrum, E. R. (2017). Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies Kendala dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Jawa Tengah dan Strategi Penanganannya. IJCETS, 5(2), 66–76. https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675
Lubis, T. W., Gusmiati, S., & Nasution, I. (2020). Pengembangan Teks Anekdot sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas X MAN Pematangsiantar. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 21. https://doi.org/10.30651/st.v13i1.3763
Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran (Vol. 26, Issue 1).
Pemanfaatan Google Classroom Untuk Pembelajaran Online – BPMP Provinsi DKI Jakarta. (n.d.). Retrieved June 14, 2023, from https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-google-classroom-untuk-pembelajaran-online/
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Sutrisno, R., Widyaningsih, W., & Asih, N. (2017). Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies Kendala Pelaksanaan Layanan Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Kurikulum 2013. IJCETS, 5(1), 22–32. https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675
Syahputra, A. (2021). Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Bidang Studi Agama Melalui Pembimbingan Dan Praktek Mengajar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(3), 1–15. https://doi.org/10.51178/ce.v2i3.312
Rufaida, K., Muassomah (2021). Model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran ketrampilan membaca di MTs Al-Hikmah Brebes. http://repository.uin-malang.ac.id/10162/
Taufiqurrochman, R. (2018). E-Learning: Media dan model pembelajaran di SD. http://repository.uin-malang.ac.id/6067/
Copyright (c) 2023 Muhammad Fikri Fadli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.