Penggunaan teknologi dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di MAN Pematangsiantar

  • Muhammad Fikri Fadli Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: technology, implementation, curriculum, school, application

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan teknologi dalam pelaksanaan kurkulum 2013 di MAN Pematangsiantar sejauh mana penggunaan teknologi, teknologi apa yang di gunakan, serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran dan pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan penjelasan secara deskriptif kualitatif sehingga data yang diperoleh rinci dan mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penggunaan teknologi yang diterapkan di MAN Pematangsiantar ialah dengan pemanfaatan TIK melalui berbagai aplikasi seperti powerpoint, google forms, google classroom dan video pembelajaran (Video learning). Selain itu, terdapat pengaruh positif (manfaat) diantaranya yaitu Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, Menambah pengetahuan siswa Meningkatkan kualitas pembelajaran, Meningkatkan motivasi belajar siswa, dan Meningkatkan kemampuan guru. Dan juga terdapat  pengaruh negatif (tantangan) diantaranya yaitu, Keterbatasan akses dan infrastruktur, Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru, Ketergantungan pada teknologi, dan Masalah keamanan dan privasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Pramujiono & Nunung Nurjati Guru sebagai Model Kesantunan Berbahasa dalam ‎Interaksi Instruksional di Sekolah Dasar. (2017). ‎http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik

Almajirah, T. (n.d.). Meningkatkan Kreativitas dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Teks ‎Prosedur Menggunakan Based Learning Melalui Media YouTube Berbasis Video Interaktif. ‎https://doi.org/10.31219/OSF.IO/H7CM6‎

Anjani, A., Fitriani, D., Kaputri, M. D., Mahmudah, I., Agama, I., Negeri, I., & Raya, P. (n.d.). ‎Proceeding Seminar Pendidikan Nasional Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya ‎Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah ‎Semester (PTS).‎

Anwas, O. M., Teknologi, P., Dan, I., Pendidikan, K., Jalan, K., Martadinata, R. E., & Selatan, ‎T. (n.d.-a). Role Of Information And Communication Technology In Implementation Of ‎Curriculum 2013.‎

Asari, H., Halimah, S., Co Author, M., Besar UIN Sumatera Utara, G., Co Author, Mp., & ‎Pascasarjana UIN Sumatera Utara, D. (2017). Fahrudin: Implementasi Kurikulum 2013 PAI ‎dan Budi pekerti implementasi kurikulum 2013 pendidikan agama islam dan budi pekerti ‎dalam menanamkan akhlakul karimah siswa.‎

Cara Membuat Kuis dan Ulangan Menggunakan Google Form - Direktorat SMP. (n.d.). Retrieved ‎June 14, 2023, from https://ditsmp.kemdikbud.go.id/cara-membuat-kuis-dan-ulangan-‎menggunakan-google-form/‎

Haidir, M., Farkha, F., Mulhayatiah Program Studi Pendidikan Fisika, D., & Sunan Gunung ‎Djati Bandung, U. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada ‎Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81–89. ‎https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266‎

Hambali, Muh. (2016) Manajemen pengembangan kompetensi guru PAI. Jurnal ‎Manajemen Pendidikan Islam (J-MPI), 1 (1). pp. 75-89. ISSN 2477-6467. ‎http://repository.uin-malang.ac.id/304/‎

Hasanah, U., Haromain, N., & Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana UIN ‎Sunan Ampel Surabaya, F. (2021). DI MI TARBIYATUL ATHFAL (Vol. 11). ‎http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/‎

Kastawi, N. S., Widodo, S., & Mulyaningrum, E. R. (2017). Indonesian Journal of Curriculum ‎and Educational Technology Studies Kendala dalam Implementasi Kurikulum 2013 di ‎Jawa Tengah dan Strategi Penanganannya. IJCETS, 5(2), 66–76. ‎https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675‎

Lubis, T. W., Gusmiati, S., & Nasution, I. (2020). Pengembangan Teks Anekdot sebagai ‎Bahan Ajar Siswa Kelas X MAN Pematangsiantar. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa ‎Dan Sastra, 13(1), 21. https://doi.org/10.30651/st.v13i1.3763‎

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran (Vol. 26, Issue 1).‎

Pemanfaatan Google Classroom Untuk Pembelajaran Online – BPMP Provinsi DKI Jakarta. ‎‎(n.d.). Retrieved June 14, 2023, from https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-‎google-classroom-untuk-pembelajaran-online/‎

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. ‎Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. ‎https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954‎

Sutrisno, R., Widyaningsih, W., & Asih, N. (2017). Indonesian Journal of Curriculum and ‎Educational Technology Studies Kendala Pelaksanaan Layanan Teknologi Informasi & ‎Komunikasi dalam Kurikulum 2013. IJCETS, 5(1), 22–32. ‎https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675‎

Syahputra, A. (2021). Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Bidang Studi Agama ‎Melalui Pembimbingan Dan Praktek Mengajar. Continuous Education: Journal of Science ‎and Research, 2(3), 1–15. https://doi.org/10.51178/ce.v2i3.312‎

Rufaida, K., Muassomah (2021). Model pembelajaran flipped classroom dalam ‎pembelajaran ketrampilan membaca di MTs Al-Hikmah Brebes. http://repository.uin-‎malang.ac.id/10162/‎

Taufiqurrochman, R. (2018). E-Learning: Media dan model pembelajaran di SD. http://repository.uin-‎malang.ac.id/6067/‎

PlumX Metrics

Published
2023-11-30
How to Cite
Fadli, M. (2023). Penggunaan teknologi dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di MAN Pematangsiantar. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(5). Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/5665
Section
Articles