Implementasi komunikasi pada public relation terhadap loyalitas pelanggan usaha laundry

  • Nindy Dwi Royani Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Implementasi, Public Relation, Komunikasi, Loyalitas Pelangggan

Abstract

Perekonomian masyarakat berkaitan dengan kegiatan usaha yang dilakukan. Kegiatan usaha ini dapat berupa usaha yang bergerak di bidang barang ataupun jasa. Dalam menghadapi persaingan usaha, penting untuk memiliki kelebihan yang harus dimiliki. Sama halnya yang dilakukan oleh New Daily Laundry dalam menghadapi persaingan usaha dengan adanya laundry koin. Maka, dibutuhkannya komunikasi yang baik dalam implementasi public relation. Meskipun dalam implementasi public relation ini terdapat beberapa kendala yang dihadapi seperti perbedaan persepsi terhadap pesan yang disampaikan sehingga menyebabkan suatu permasalahan.  Keberhasilan implementasi public relation ini akan memberikan penilaian positif terhadap usaha New Daily Laundry. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada usaha New Daily Laundry ini. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan solusi saat implementasi public relation dengan komunikasi. Selain itu bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara implementasi public relation dengan komunikasi terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, M. F. R., & Safitri, R. (2022). Pentingnya Corporate Social Responbility Dan Corporate Image ‎Untuk Membentuk Loyalitas Nasabah Di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Lamongan. ‎Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 448–456.‎

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap ‎Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif ‎Mahasiswa Manajemen, 1(1), 15–30.‎

Diana, I., Segaf, S., Ibrahim, Y., Minai, M. S., & Raza, S. (2020). Barriers to small enterprise growth ‎in the developing countries: Evidence from case studies in Indonesia and Malaysia. Academy of ‎Strategic Management Journal, 19, 1–10.‎

Fatah, M. I., Asnawi, N., Segaf, S., & ... (2023). Case study at KSPPS BMT UGT nusantara ‎Indonesia an analysis of using mobile applications to increase fee-based income. Enrichment: ‎Journal …, 13(2).‎

Hadi, A. (2021). Manajemen program humas dalam meningkatkan animo masyarakat terhadap ‎Pesantren Ar-Rohmah Tahfizh Dau Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.‎

Jauharri, M. (2020). Cyber public relations MembangunKepercayaan Publik Melalui Media ciber. ‎Jember LP3DI Press.‎

Melinda, E., & Segaf, S. (2023). Implementation of Risk Management in Murabahah Financing At ‎Bmt UGT Nusantara Nusantara Pasuruan. Enrichment: Journal of Management, 13(2), 914–920.‎

Minai, M. S., Raza, S., & Segaf, S. (2021). Post COVID-19: Strategic digital entrepreneurship in ‎Malaysia. In Modeling economic growth in contemporary Malaysia (pp. 71–79). Emerald ‎Publishing Limited.‎

Mulyono, M. (2014). Strategi manajemen humas dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam: ‎Studi multi kasus di MA Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang Kabupaten Malang.‎

Nisa, I. K. (2022). Strategi manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra Lembaga ‎Pendidikan di Pusat Informasi SMP Islam Sabilurrosyad Malang. Universitas Islam Negeri ‎Maulana Malik Ibrahim.‎

Prakoso, F. A., & Karnowati, N. B. (2023). Pemanfaatan WhatsApp Bisnis Dalam Meningkatkan ‎Pemasaran Pada Usaha Laundry. 324–329.‎

Priyono, B. P. C., & Rahmadanik, D. (2022). Meningkatkan Omzet UMKM Jasa Laundry Di Era ‎New Normal Dengan Inovasi Layanan Self Laundry Di Kampung Dharmawangsa. Prosiding ‎Patriot Mengabdi, 1(01), 10–16.‎

Rachmadi, F. (1992). Public relations dalam teori dan praktek: aplikasi dalam badan usaha swasta ‎dan lembaga pemerintah. Gramedia Pustaka Utama.‎

Sarif, R., Susanto, R. M., Retnasih, N. R., & Segaf, S. (2023). Revolutionizing Resilience: MSMEs’ ‎Journey with Digital Strategies in Post-Pandemic Recovery. JMK (Jurnal Manajemen Dan ‎Kewirausahaan), 8(3), 203. https://doi.org/10.32503/jmk.v8i3.4145‎

Thomas, & Coulson, C. (1990). Public Relation Pedoman Praktis Untuk PR. PT Bumi Aksara.‎

‎ ‎

PlumX Metrics

Published
2024-01-31
How to Cite
Royani, N. D. (2024). Implementasi komunikasi pada public relation terhadap loyalitas pelanggan usaha laundry. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(1), 457-466. Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/5900
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)