Implementasi komunikasi pada public relation terhadap loyalitas pelanggan usaha laundry
Abstract
Perekonomian masyarakat berkaitan dengan kegiatan usaha yang dilakukan. Kegiatan usaha ini dapat berupa usaha yang bergerak di bidang barang ataupun jasa. Dalam menghadapi persaingan usaha, penting untuk memiliki kelebihan yang harus dimiliki. Sama halnya yang dilakukan oleh New Daily Laundry dalam menghadapi persaingan usaha dengan adanya laundry koin. Maka, dibutuhkannya komunikasi yang baik dalam implementasi public relation. Meskipun dalam implementasi public relation ini terdapat beberapa kendala yang dihadapi seperti perbedaan persepsi terhadap pesan yang disampaikan sehingga menyebabkan suatu permasalahan. Keberhasilan implementasi public relation ini akan memberikan penilaian positif terhadap usaha New Daily Laundry. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada usaha New Daily Laundry ini. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dan solusi saat implementasi public relation dengan komunikasi. Selain itu bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara implementasi public relation dengan komunikasi terhadap loyalitas pelanggan.
Downloads
References
Abror, M. F. R., & Safitri, R. (2022). Pentingnya Corporate Social Responbility Dan Corporate Image Untuk Membentuk Loyalitas Nasabah Di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Lamongan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 448–456.
Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), 15–30.
Diana, I., Segaf, S., Ibrahim, Y., Minai, M. S., & Raza, S. (2020). Barriers to small enterprise growth in the developing countries: Evidence from case studies in Indonesia and Malaysia. Academy of Strategic Management Journal, 19, 1–10.
Fatah, M. I., Asnawi, N., Segaf, S., & ... (2023). Case study at KSPPS BMT UGT nusantara Indonesia an analysis of using mobile applications to increase fee-based income. Enrichment: Journal …, 13(2).
Hadi, A. (2021). Manajemen program humas dalam meningkatkan animo masyarakat terhadap Pesantren Ar-Rohmah Tahfizh Dau Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Jauharri, M. (2020). Cyber public relations MembangunKepercayaan Publik Melalui Media ciber. Jember LP3DI Press.
Melinda, E., & Segaf, S. (2023). Implementation of Risk Management in Murabahah Financing At Bmt UGT Nusantara Nusantara Pasuruan. Enrichment: Journal of Management, 13(2), 914–920.
Minai, M. S., Raza, S., & Segaf, S. (2021). Post COVID-19: Strategic digital entrepreneurship in Malaysia. In Modeling economic growth in contemporary Malaysia (pp. 71–79). Emerald Publishing Limited.
Mulyono, M. (2014). Strategi manajemen humas dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam: Studi multi kasus di MA Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang Kabupaten Malang.
Nisa, I. K. (2022). Strategi manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra Lembaga Pendidikan di Pusat Informasi SMP Islam Sabilurrosyad Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Prakoso, F. A., & Karnowati, N. B. (2023). Pemanfaatan WhatsApp Bisnis Dalam Meningkatkan Pemasaran Pada Usaha Laundry. 324–329.
Priyono, B. P. C., & Rahmadanik, D. (2022). Meningkatkan Omzet UMKM Jasa Laundry Di Era New Normal Dengan Inovasi Layanan Self Laundry Di Kampung Dharmawangsa. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(01), 10–16.
Rachmadi, F. (1992). Public relations dalam teori dan praktek: aplikasi dalam badan usaha swasta dan lembaga pemerintah. Gramedia Pustaka Utama.
Sarif, R., Susanto, R. M., Retnasih, N. R., & Segaf, S. (2023). Revolutionizing Resilience: MSMEs’ Journey with Digital Strategies in Post-Pandemic Recovery. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 8(3), 203. https://doi.org/10.32503/jmk.v8i3.4145
Thomas, & Coulson, C. (1990). Public Relation Pedoman Praktis Untuk PR. PT Bumi Aksara.
Copyright (c) 2023 Nindy Dwi Royani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.