Peran public relation dalam sosialisasi informasi kepada calon anggota baru pada organisasi PK IPNU-IPPNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

  • Azmi Sabita Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Nahdlatul Ulama’ merupakan organisasi islam terbesar di Indonesia. Lahirnya NU tentunya tidak lepas dari peran ulama’ dan santri. Tiga hal utama yang mendasari perjuangan santri dan ulama’ di masa itu, yaitu agama, ahlu sunnah wal jamaah, dan nasionalisme. Struktur organisasi NU dimulai dari PBNU hingga PRNU, yang teroganisisr berdasarkan wilayahnya. Selain tingkatan organisasi NU pada setiap wilayah, NU juga memiliki organisasi yang didasarkan pada tingkatan usia. Untuk tingkatan usia pelajar terdapat IPNU dan IPPNU, seperti pada Komisariat UIN Malang yaitu PK IPNU-IPPNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. PK IPNU-IPPNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi media bagi para mahasiswa untuk berhimpun, berkiprah, berkomunikasi, berdiskusi, dan beraktualisasi agar tercipta kader NU yang berkualitas. Dalam organisasi PK IPNU-IPPNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini terdapat banyak sekali kegiatan. Salah satunya yaitu MAKESTA yang dimulai dari tahap pendaftaran calon anggota baru. Namun, terdapat beberapa kendala terutama pada kurangnya minat dan antusias mahasiswa. Untuk mengatasi masalah ini penting sekali melakukan sosialisasi informasi kepada calon anggota baru. Dalam sosialisasi informasi diperlukan strategi komunikasi yang tepat. Maka dengan itu, public relation berperan penting pada keberhasilan komunikasi dalam sosialisasi informasi kepada calon anggota baru pada organisasi PK IPNU-IPPNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halim Fathani, dkk. (2015). NU di tengah globalisasi: kritik, solusi, dan aksi (Vol. 1).

Farih, A. (2016). Nahdlatul Ulama (NU) dan kontribusinya dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24(2), 251–284.

Irawan, M. H. (2022). Pola komunikasi organisasi IPNU IPPNU dengan ulama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. IAIN Kediri.

Mukarom, Z., Laksana, M. W., & Saebani, B. A. (2015). Manajemen public relation: Panduan efektif pengelolaan hubungan masyarakat.

NU, Online. (n.d.). umur badan otonom NU berbasis usia akan dimudakan-5pTsK @ nu.or.id. 2010. https://nu.or.id/warta/umur-badan-otonom-nu-berbasis-usia-akan-dimudakan-5pTsK

Rahardjo, M. (UIN Maliki Press. (2016). NU Ditengah Globalosasi. 1–23.

Struktur Organisasi NU Lengkap dengan Bagannya, P. (n.d.). penjelasan-struktur-organisasi-nu--dan-bagan @ www.abusyuja.com. 2019. https://www.abusyuja.com/2019/10/penjelasan-struktur-organisasi-nu--dan-bagan.html

Sulistyawati, S. A. (2020). Pengaruh tingkat pendidikan, latar belakang, pemberian informasi dan sosialisasi terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM (studi kasus pada usaha kecil Kabupaten Tegal). Universitas Panca Sakti. Tegal, 154.

PlumX Metrics

Published
2024-01-31
How to Cite
Sabita, A. (2024). Peran public relation dalam sosialisasi informasi kepada calon anggota baru pada organisasi PK IPNU-IPPNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(1), 117-121. Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/5971
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)