Efektivitas teknik Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) untuk meningkatkan self esteem
Program Studi Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract
Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) adalah intervensi yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan harga diri pada individu. Harga diri memiliki dampak signifikan pada kebahagiaan seseorang dan juga akan mempengaruhi bagaimana mereka mengevaluasi diri, baik secara positif maupun negatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah teknik intervensi REBT efektif dalam meningkatkan harga diri. Pendekatan yang digunakan untuk melihat efektivitas REBT didasarkan pada tinjauan pustaka, yang dilakukan dengan melihat ukuran efek dari 5 artikel penelitian eksperimental sebelumnya. Hasil pengamatan ini secara konsisten menunjukkan bahwa REBT efektif dalam meningkatkan harga diri pada individu dan bahwa metode ini dapat diterapkan dalam berbagai situasi untuk membantu individu meningkatkan harga diri mereka.
Downloads
References
Amalia, M., Sahara, E. R., Rizqina, D. L., & Zuhro’ Fitriana, A. Q. (2023). Efektivitas Self Esteem Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Pada Kesehatan Mental Remaja Yatim Di Desa Pulukan, Bali. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 3(2), 289–294. https://doi.org/10.47233/jebs.v3i2.825
Dewi, R. S., & Yudiarso, A. (2021). Studi Meta-Analisis : Efektivitas Cognitive Behavioural Therapy untuk Meningkatkan Self-Esteem. Jurnal Diversita, 7(2), 231–239. https://doi.org/10.31289/diversita.v7i2.5038
Fiki, H. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di Min 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran. 9–25.
Hinggardipta, R., & Marjo, H. K. (2022). Efektifitas Konseling Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Dalam Meningkatkan Self-Esteem Remaja. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12), 18845–18852. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/11103/6518%0Ahttps://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/11103
Myers, D. G. (2014). (2014). Psikologi Sosial Buku 1 Terjemahan.
Nadia dkk. (2022). pengembangan dari rational emotive behavioral therapy (rebt) hingga cognitive restructuring (cr). Slamic Guidance and Conselling Journal.
Nagar, S., Sharma, S., & Chopra, C. (2008). Self-esteem among rural among rural adolescent girls in kangra district of himachal pradesh. Journal of Anthropologist, 10, 151–15.
Rahmaniyah, M., Thalib, S. B., & Latif, S. (2023). Penerapan Teknik Cognitive Disputation Untuk Meningkatkan Self-Esteem Pada Siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Soppeng. 3(2), 164–174.
Saiful, N. (2020). Meningkatkan Self-Esteem Melalui Layanan Konseling Individual :, Menggunakan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (Rebt). IJoCE Education, Indonesian Journal of Counseling, 1(1), 6–12.
Santrock, J. (2012). Life-Span Development Perkembangan Masa-Hidup Jilid 1 (13th ed.).
Sarandria. (2012). Efektifitas Cognitive Behavioural Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Dewasa Muda [Thesis]. Fakultas Psikologi Program Magister Profesi Klinis Dewasa Universitas Indonesia, 1–141.
Selvia, M., & Siregar, A. (2023). Efektivitas Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) Meningkatkan Self Esteem pada Siswa Madrasah Aliyah Kota Medan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 338–347. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i2.2513
Utami, N. I. (2018). Pelatihan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Harga Diri Mahasiswa Rational Emotive Behavior Therapy : a Training To Increase Students ’ Self -Esteem. 20(2), 94–103.
Yulpa Nadila, E., & Syarif, S. (n.d.). Analisis Konseling Rational-emotive Behavior Psikologi, Therapy dalam Pendidikan. AJurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 99–.
Copyright (c) 2023 Ayu Azhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.