Perbandingan kebijakan pendidikan inklusi Indonesia dan India
Studi kepustakaan
Abstract
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Nabilah pada bulan september 2023 dinyatakan bahwa sistem pendidikan di India menduduki posisi satu tingkat diatas Indonesia. Namun, tidak dipungkiri bahwa laporan indeks pembangunan manusia 2021-2022 Indonesia lebih unggul di atas India. Berdasarkan hasil analisa di dalam artikel ini menggunakan metode studi pustaka dengan membandingkan kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusi antara Indonesia dan India. Beberapa perbedaan yang terdapat setelah dianalisa menujukkan bahwa perbedaan tersebut meliputi: tujuan, landasan hukum, dan prinsip yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaran pendidikan inklusi di negara nya masing-masing. Keunggulan India dalam bidang pendidikan khususnya dalam pendidikan inklusi, salah satunya dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pendaftar dari kalangan anak penyandang disabilitas.
Downloads
References
Farhan Alfikri, Nyayu Khodijah, Ermis Suryana. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi. Syntax Literate: Jurnal Ilimiah Indonesia, 7(8.5.2017), 7955–7966.
Gautam Makwana. (2022). The concept of inclusive education in India. Journal of education: Rabindra Bharati
University, (July), 37–45. https://doi.org/10.4324/9781003221852-1
J D Signh. (2014). Inclusive Education in India - Concept, Need and Challenges. Scholarly Research Journal For Humanity Science & English Language, 5(3). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i03.3210
Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/ Atau Bakat Istimewa. , 5 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi § (2009).
Nabilah Muhammad. (2023). 10 Negara yang Dinilai Memiliki Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia, Ada Indonesia? Retrieved November 8, 2023, from databoks website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/11/10-negara-yang-dinilai-memiliki-kualitas-pendidikan-terbaik-di-dunia-ada-indonesia
Taneja-Johansson, Shruti, Singal, Nidhi, & Samson, Meera. (2023). Education of Children with Disabilities in Rural Indian Government Schools: A Long Road to Inclusion. International Journal of Disability, Development and Education, 70(5), 735–750. https://doi.org/10.1080/1034912X.2021.1917525
Copyright (c) 2024 Siti Robbiatul Adawiyah, Abdal Malik Fajar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.