Perbandingan kebijakan pendidikan inklusi Indonesia dan India

Studi kepustakaan

  • Siti Robbiatul Adawiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdal Malik Fajar Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: comparative, inclusive education, Indonesia, India

Abstract

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Nabilah pada bulan september 2023 dinyatakan bahwa sistem pendidikan di India menduduki posisi satu tingkat diatas Indonesia. Namun, tidak dipungkiri bahwa laporan indeks pembangunan manusia 2021-2022 Indonesia lebih unggul di atas India. Berdasarkan hasil analisa di dalam artikel ini menggunakan metode studi pustaka dengan membandingkan kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusi antara Indonesia dan India. Beberapa perbedaan yang terdapat setelah dianalisa menujukkan bahwa perbedaan tersebut meliputi: tujuan, landasan hukum, dan prinsip yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaran pendidikan inklusi di negara nya masing-masing. Keunggulan India dalam bidang pendidikan khususnya dalam pendidikan inklusi, salah satunya dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pendaftar dari kalangan anak penyandang disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farhan Alfikri, Nyayu Khodijah, Ermis Suryana. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi. Syntax Literate: Jurnal Ilimiah Indonesia, 7(8.5.2017), 7955–7966.

Gautam Makwana. (2022). The concept of inclusive education in India. Journal of education: Rabindra Bharati

University, (July), 37–45. https://doi.org/10.4324/9781003221852-1

J D Signh. (2014). Inclusive Education in India - Concept, Need and Challenges. Scholarly Research Journal For Humanity Science & English Language, 5(3). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i03.3210

Menteri Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/ Atau Bakat Istimewa. , 5 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi § (2009).

Nabilah Muhammad. (2023). 10 Negara yang Dinilai Memiliki Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia, Ada Indonesia? Retrieved November 8, 2023, from databoks website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/11/10-negara-yang-dinilai-memiliki-kualitas-pendidikan-terbaik-di-dunia-ada-indonesia

Taneja-Johansson, Shruti, Singal, Nidhi, & Samson, Meera. (2023). Education of Children with Disabilities in Rural Indian Government Schools: A Long Road to Inclusion. International Journal of Disability, Development and Education, 70(5), 735–750. https://doi.org/10.1080/1034912X.2021.1917525

PlumX Metrics

Published
2024-01-13
How to Cite
Adawiyah, S., & Fajar, A. (2024). Perbandingan kebijakan pendidikan inklusi Indonesia dan India. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(6). Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/6118
Section
Articles