Pengembangan media pembelajaran ular tangga pada siswa lelas IV Sekolah Dasar di Kota Malang

  • Aulia Masyrifah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Media, Learning, Snakes and Ladders, Motivation, Indonesian

Abstract

Media pembelajaran ular tangga ini merupakan alat yang digunakan
guru sebagai perantara dalam menyampaikan materi secara ringkas
dan lebih mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini dilakukan
berdasarkan kurangnya motivasi siswa sekolah dasar dalam kegiatan
pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Adanya
media pembelajaran ini bertujuan untuk menarik minat belajar siswa
menggunakan model belajar baru. Metode penelitian ini
menggunakan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
kuensioner. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa Kelas IV pada
jenjang sekolah dasar. Berdasarkan dari hasil sampel para responden
dalam kuesioner, media ular tangga ini layak untuk digunakan dalam
proses kegiatan pembelajaran. Karena peran media yang sangat
dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development,

Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Luis.C.Moll. (1990). Vygotsky and Education. In Vygotsky and Education. https://doi.org/10.1017/cbo9781139173674

Rifqi Fatihatul K., Supurwoko, D. W. (2014). Pengembangan media pembelajaran ular tangga fisika untuk siswa SMP/MTs KELAS VIII. 2(1), 6–10.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk- undiksha.v15i2.14892

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1),

–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437. https://journal3.uin- alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/12412

Ashari, S. A., A, H., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran

Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2),

–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448

Asiah, N., Shawmi, A. N., Megantara, S., & Wibowo, D. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 9–18. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9130

Damayanti, winny rosa. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Gambar Untuk Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Wiru 01 Bringin Kabupaten Semarang. Formulasi dan uji aktivitas antibakteri sediaan krim ekstrak etanol daun ketapang (Terminalia Catappa L.) TERHADAP Propionibacterium Acne DAN Staphylococcus Epidermidis SKRIPSI, 1–146.

Hidayah, U., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Media Board Game Ular Tangga Pada

Materi Metamorfosis Kupu-Kupu Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SDN 169 Pekanbaru. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 557–576.

https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1020

Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192

Kholipah, S., Maryatun, M., & Pritandhari, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.24127/edunomia.v1i1.415

Munisah, E. (n.d.). Pengelolaan media pembelajaran sekolah dasar.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1),

–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728

PlumX Metrics

Published
2024-01-12
How to Cite
Masyrifah, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran ular tangga pada siswa lelas IV Sekolah Dasar di Kota Malang. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(1). Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/6612
Section
Articles