Pengembangan media pembelajaran ular tangga pada siswa lelas IV Sekolah Dasar di Kota Malang
Abstract
Media pembelajaran ular tangga ini merupakan alat yang digunakan
guru sebagai perantara dalam menyampaikan materi secara ringkas
dan lebih mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini dilakukan
berdasarkan kurangnya motivasi siswa sekolah dasar dalam kegiatan
pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Adanya
media pembelajaran ini bertujuan untuk menarik minat belajar siswa
menggunakan model belajar baru. Metode penelitian ini
menggunakan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
kuensioner. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa Kelas IV pada
jenjang sekolah dasar. Berdasarkan dari hasil sampel para responden
dalam kuesioner, media ular tangga ini layak untuk digunakan dalam
proses kegiatan pembelajaran. Karena peran media yang sangat
dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development,
Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Luis.C.Moll. (1990). Vygotsky and Education. In Vygotsky and Education. https://doi.org/10.1017/cbo9781139173674
Rifqi Fatihatul K., Supurwoko, D. W. (2014). Pengembangan media pembelajaran ular tangga fisika untuk siswa SMP/MTs KELAS VIII. 2(1), 6–10.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk- undiksha.v15i2.14892
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1),
–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437. https://journal3.uin- alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/12412
Ashari, S. A., A, H., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran
Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2),
–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448
Asiah, N., Shawmi, A. N., Megantara, S., & Wibowo, D. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 9–18. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9130
Damayanti, winny rosa. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Gambar Untuk Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Wiru 01 Bringin Kabupaten Semarang. Formulasi dan uji aktivitas antibakteri sediaan krim ekstrak etanol daun ketapang (Terminalia Catappa L.) TERHADAP Propionibacterium Acne DAN Staphylococcus Epidermidis SKRIPSI, 1–146.
Hidayah, U., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Media Board Game Ular Tangga Pada
Materi Metamorfosis Kupu-Kupu Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SDN 169 Pekanbaru. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 557–576.
https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1020
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Kholipah, S., Maryatun, M., & Pritandhari, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.24127/edunomia.v1i1.415
Munisah, E. (n.d.). Pengelolaan media pembelajaran sekolah dasar.
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1),
Copyright (c) 2024 aulia masyrifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.