Konstruksi sosial pembacaan Surah Al-Kahf: Studi Living Qur’an di Pusat Ma’had Al Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract
Al-Qur'an mempunyai tujuan fungsional selain tujuan formal-substantif. dalam arti mengikuti Al-Quran yang fokus pada perolehan kekayaan materi. Membaca Qs. Al-Kahf merupakan salah satu dari sekian banyak cara praktis masyarakat dalam mengamalkan Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih detail pembacaan Qs. Al-Kahf yang dibacakan oleh mahasantri di Pusat Ma’had Al Jami’ah UIN Malang. Kedua rumusan masalah tersebut akan menjadi fokus utama penyelidikan. Pertama, bagaimana praktik pembacaan Qs. Al-Kahf di Pusat Ma’had Al Jami’ah UIN Malang. Kedua, bagaimana konstruksi sosial yang terbangun di kalangan mahasantri di Pusat Ma’had Al Jami’ah UIN Malang pasca pembacaan Qs. Al-Kahf. Untuk menjawab dua pertanyaan tersebut, maka penulis akan menggunakan teori konstruksi sosial Petter L. Berger dan Thomas Luckman.Penelitian lapangan kualitatif merupakan salah satu komponen penelitian ini. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi menghasilkan data yang digunakan dalam penelitian ini. Sumber data primer dan sekunder merupakan dua kategori sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Wawancara berfungsi sebagai sumber data utama, sedangkan buku, jurnal, dan bahan pendukung lainnya berfungsi sebagai sumber sekunder. Tiga tahap analisis data—reduksi data, penyajian data, dan analisis data—kemudian digunakan untuk memeriksa seluruh data yang dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini ditemukan fakta bahwa proses eksternalisasi dialami oleh Kyai Chamzawi ketika belajar di ponpes Lirboyo, momen objektivasi terjadi ketika pembacaan Qs. Al-Kahf dijadikan kegiatan wajib mingguan mahasantri serta momen internalisasi terjadi ketika yang terlibat didalamnya memiliki kesamaan rasa setelah mengikuti pembacaan Qs. Al-Kahf.
Downloads
References
Dharma, F. A. (2018). Konstruksi Realitas Sosial:Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.101
Hendra, T., Nur Adzani, S. A., & Muslim, K. L. (2023). Dakwah Islam dan Kearifan Budaya Lokal: Konsep dan Strategi Menyebarkan Ajaran Islam. Journal of Da’wah, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.32939/jd.v2i1.2660
Hidayat, I. M., & Mahfud Alfaozi. (n.d.). Kajian Living Qur’an Tradisi Membaca Surah Al-KahfiSantri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Rawalo Banyumas. JIQSI: Jurnal Ilmu al-Qur’an Dan Studi Islam, Edisi: Januari-Juni, Vol. 1 No. 1, 2023.
Mahfud, M. A. (2023). Metode Living Qur’an Sebagai Penanganan Masalah Dalam Lingkungan Masyarakat. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 336–354. https://doi.org/10.54396/saliha.v6i2.650
Nasrulloh, N. (n.d.). Konstruksi sosial pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani: Studi living sunnah di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin. 19 Feb 2020 17:42.
Suhemi, E. (2020). Mashdar dalam Surat Al-Kahfi: Suatu Kajian Morfologis. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 17(2), 186. https://doi.org/10.22373/jim.v17i2.9180
Susan, M.A, N. (n.d.). Pengantar Sosiologi Konflik. Kencana 2009-0225.
Zainuddin, M.A., Dr. H. M. (n.d.). Pluralisme Agama Dalam Analisis Konstruksi Sosial (Cetakan I: 2012 Cetakan II: 2013). UIN-MALIKI PRESS (Anggota IKAPI).
Zuldin, M. (n.d.). Ketimpangan sebagai penyebab konflik: Kajian atas teori sosial kontemporer. TEMALI: Jurnal Pembangunan Sosial, 2019, 2.1: 157-183., 2019, 2.1:, 157–183.
Copyright (c) 2024 Latifah Nurul Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.