Analysis of car PPNBM regulations on post Covid-19 consumer purchasing power in Malang city

  • Rosya Mawaddah Susanto Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Maulia Rosma Sabila Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fairuz Fadhilah Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Gilang Cahya Putra Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Tax, PPnBM, Regulation, Purchasing Power, Covid-19

Abstract

Studi ini membahas peran Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dalam konteks industri otomotif Indonesia, khususnya kendaraan bermotor roda empat (mobil). PPnBM diimplementasikan sebagai instrumen kebijakan fiskal untuk mengatur konsumsi masyarakat dan mendukung pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Fokus utama penelitian ini adalah pada insentif penurunan tarif PPnBM yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan daya beli konsumen. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, penelitian ini menganalisis dampak kebijakan tersebut terhadap pengeluaran belanja masyarakat dan kontribusinya terhadap pemulihan ekonomi nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan tarif PPnBM berperan penting dalam menstimulasi permintaan kendaraan roda empat, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan sektor otomotif dan pemulihan ekonomi secara keseluruhan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni , D., & Mudiarti , H. (2022). The influence of vat and PPnBM regulations and income on interest in buying four-wheel motorized vehicles (cars) in Indonesia. In Journal Accountancy Integrative (Vol. 8, Issue 1).

Chandra, C., & Sandra, A. (2020). The influence of tax rates, tax sanctions and tax awareness on individual taxpayer compliance entrepreneur . 5( December ), 153–168. https://www.kemenkeu.go.id

Kholis Surakarta, N. (2022). Influence tax incentives and wage subsidies for the Covid-19 pandemic on people's purchasing power. In Journal Study Science and Technology (Vol. 7, Issue 1).

Nina Adlini , M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana , S. (2022). Literature study qualitative research methods (Vol. 6, Issue 1).

Nur, R., Samudra, A., & Wibowo, D. (2021). Analysis of utilization before and after the PPnBM -dtp incentive on car sales in automotive companies in Gaikindo.

PlumX Metrics

Published
2024-02-29
How to Cite
Susanto, R., Sabila, M., Fadhilah, F., & Putra, G. (2024). Analysis of car PPNBM regulations on post Covid-19 consumer purchasing power in Malang city. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(2). Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/6468
Section
Articles