MENGHARMONISASIKAN TRADISI DAN MODERNITAS Penerapan Filsafat Progresivisme di Pesantren
Abstract
This study examines the harmonization of tradition and modernity through the application of progressivism philosophy in Islamic boarding schools (pesantren) as Islamic educational institutions adapting to global dynamics. Employing a qualitative method based on questionnaires, this research explores the perspectives of students (santri) and pesantren administrators regarding integration strategies, challenges, and the impact of progressivism implementation within the pesantren educational system. The findings reveal a high level of awareness among pesantren educational actors concerning the urgency of curriculum reform to align with contemporary demands. Nevertheless, the application of progressivism faces significant challenges, including limited technological resources, cultural resistance from surrounding communities, and insufficient readiness of educators to adopt modern teaching approaches. The integration of technology, particularly through digital applications in Qur'an memorization, has proven to be an effective instrument in bridging traditional heritage with modern demands. This study recommends strengthening educators’ capacities, developing technological infrastructure, and fostering multi-stakeholder collaboration to accelerate pesantren’s adaptation as an inclusive, adaptive, and relevant Islamic education model in the era of globalization, while preserving its traditional roots.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji harmonisasi tradisi dan modernitas melalui penerapan filsafat progresivisme di pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang tengah beradaptasi dengan dinamika global. Dengan menggunakan metode kualitatif berbasis kuesioner, studi ini mengeksplorasi pandangan santri dan pengelola pesantren mengenai strategi integrasi, kendala, serta dampak implementasi progresivisme dalam sistem pendidikan pesantren. Hasil temuan menunjukkan tingginya kesadaran aktor pendidikan pesantren akan urgensi pembaruan kurikulum agar selaras dengan kebutuhan zaman. Namun demikian, penerapan filsafat progresivisme dihadapkan pada tantangan signifikan, seperti keterbatasan sumber daya teknologi, resistensi budaya dari lingkungan sekitar, serta minimnya kesiapan pendidik dalam mengadopsi pendekatan pembelajaran modern. Integrasi teknologi, khususnya melalui aplikasi digital dalam pembelajaran Al-Qur’an, terbukti menjadi instrumen efektif dalam menjembatani antara warisan tradisional dan tuntutan modernitas. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas pendidik, pengembangan infrastruktur teknologi, serta kolaborasi multipihak guna mempercepat adaptasi pesantren sebagai model pendidikan Islam yang inklusif, adaptif, dan relevan di era globalisasi, tanpa menghilangkan akar tradisi yang menjadi identitasnya
Downloads
References
Aisyah. (2024). Filsafat Pendidikan Progresivisme : Membangun Fondasi dalam Mencapai Pembelajaran Bermakna, Jurnal Pendidikan Tambusai Vol.8 No.3. 73-88.
Ajiba Quroti Aini, (2018) “EDUKASIA ISLAMIKA,” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2, 218–33.
Alamsyah. (2023). MENYELARASKAN NILAI-NILAI LOKAL DAN GLOBAL: PERSPEKTIF FILSAFAT TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI, ROGRESSA: Journal of Islamic Religius Instruction, Vol.07 No. 2, pp 189-200
Auzy, et al. (2023). PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM PERSPEKTIF ALIRAN PROGRESIVISME ,Jurnal Sekolah Vol 8 (1), Hal 164 - 170
Dedy. (2017). MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA SANTRI BERBASIS TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI PONDOK PESANTREN (PERSPEKTIF DAKWAH), JURNAL ILMU DAKWAH, Vol. 37, No.2, 2017 ISSN 1693-8054.
Desty, et al. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science , Vol. 01, No. 07, pp. 473-480 .
Detya, et al. (2022). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERUBAHAN SISTEM KOMUNIKASI Indonesia, Jurnal Nomosleca, 2022; 8 (2), pp 242-252
Dwi, et al. (2024). MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA: ANTARA MODERNISASI DAN NILAI TRADISIONAL. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 4 No. 6, 2024; 3896-3903.
Eva et al. (2020) “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN K.H HASYIM ASY’ARI DAN TELAAH TERHADAP PROGRESIVISME”, Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 5 No. 2, 24-35
Gozali. (2024). Multikulturalisme di Pesantren: Menjembatani Tradisi dan Modernitas dalam Pendidikan Islam, Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 13, No. 3, (2024) : 3871-3881.
H. Abd. Muqit, (2019). PENDIDIKAN AGAMA, ANTARA KESEJAHTERAAN DUNIAWI DAN KEBAHAGIAAN UKHRAWI, Vol.6 No.1, pp 1-10
Hasyim, M. (2016). “MODERNISASI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM PERSPEKTIF KH. ABDURRAHMAN WAHID” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman. 2, No. 2 ,168-191
Ibad, et al. (2024). Transformasi Pesantren dalam Era Digital: Peluang dan Tantangan dalam Aspek Dakwah dan Pendidikan, Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, Vol.7 No.1 (2024). DOI : https://doi.org/10.52833/masjiduna.v7i1.211
Imam Faizin, (2020) “LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN DAN TANTANGAN GLOBAL, (10) 89–116.
Ira. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern, Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2 No. 01
Juanis. (2021). PENGELOLAAN PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN, Jurnal Intelektualita Prodi MPI, Volume 10, Nomor 2, pp 138-153.
Khofifah,et al. (2024). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, Vol.4 No.2(2024).
Krisdiyanto et al., (2019). “SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DAN TANTANGAN MODERNITAS”, Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 15, No. 01, pp. 11-21
M. Fadlillah. (2017) “ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA”, Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 1, 17-24
M. Ma’ruf, (2020). “TIPOLOGI PEMIKIRAN GUS DUR TENTANG PENDIDIKAN ISLAM” Attanwir : Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan Vol. 12 No. 1, 76-92
Nadhiroh, Umi. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya. Vol.8 No.1, (2024), pp 11-22
Normina, (2016). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 14 No.26 (2016), 71-85.
Nurkholis, et al. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam). Vol. 7 No. 2 , 113-130.
Nurkholis. (2024). Penggunaan Aplikasi Al Qur’an Digital Dalam Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist, Islam Edu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 No. 2024, 14-26
Nurul, et al. (2024) EKSPLORASI LITERASI DIGITAL DI PESANTREN PADA SANTRI GEN Z. EDUTEACH: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran , Volume 05, Nomor 02, Juni 2024: 104-113.
Nurul Hidayati et al., (2024). “Relevansi Pemikiran Gus Dur Tentang Pendidikan Perdamaian (Peace Education) Dengan Kurikulum Merdeka Di Indonesia” Jurnal Pendidikan, XIII, no. 1 (1- 15)
Rusnawati. (2019). PEMBELAJARAN INOVATIF- PROGRESIF (Konsep Dasar dan Implementasinya), Jurnal Eksperimental, Vol. 8, Nomor 1, pp 50-60.
Satria. (2019). Intelektual Pesantren: Mempertahankan Tradisi Ditengah Modernitas, Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian 7 (2), 178-195.
Sugianto, et al. (2023). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, IJoIS: Indonesian. Journal of Islamic Studies Vol. 4, No. 1, pp. 17-24.
Wahid, Abdul. (2024).TANTANGAN PESANTREN DALAM MENYEIMBANGKAN TRADISI DAN MODERNITAS DI ERA KONTEMPORER. Oasis Volume 9 No. 1 , pp 80-85.






