HARMONI QUR’ANI: Transformasi Spiritual Melalui Rutinitas Juz ‘Amma Di Mts Muhammadiyah Watulimo

  • Dwi Rohmatus Sa'adah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Muhammad Dwi Toriyono Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Spiritual Intelligence, Habituation, Juz ‘Amma

Abstract

This research aims to analyze the design, content, and impact of the habit of reading Juz 'Amma to enhance spiritual intelligence at MTs Muhammadiyah Watulimo. The research method employed is descriptive qualitative research using a qualitative approach that describes social phenomena. The results of this study explain that the habit of reading Juzm 'Amma at MTs Muhammadiyah Watulimo began in 2010, supported by the provision of 30 copies of the Qur'an and loudspeaker facilities at At-Taqwa mosque. The activity is conducted every morning at 07:00, and this habit is followed by other activities including Dhuha prayer and brief religious talks (kultum). The recitation is prioritized from Surah An-Nas to An-Naba' with 12 repetitions per semester. Evaluation is conducted through both test and non-test methods. The results show positive spiritual impacts in the form of increased discipline in worship, responsibility in memorization, respectful attitudes toward teachers, and empathy among students. Thus, it can be concluded that habits implemented by educational institutions regularly and systematically can enhance spiritual intelligence, which will have a positive impact on students' lives, both in the school environment and in society.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai desain, konten serta dampak dari  pembiasaan membaca Juz ‘Amma untuk meningkatkan kecerdasan spiritual di MTs Muhammadiyah Watulimo. Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan mengenai fenomena sosial. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pembiasaan membaca Juz ‘Amma di MTs Muhamadiyah Watulimo yang dimulai sejak tahun 2010, yang didukung dengan penyediaan 30 Al-Qur'an dan fasilitas pengeras suara di masjid At-Taqwa. Kegiatan dilaksanakan setiap pagi pukul 07.00, pembiasaan diikuti oleh kegiatan lainnya meliputi sholat dhuha, dan kultum. Bacaan diprioritaskan dari Surah An-Nas hingga An-Naba' dengan pengulangan 12 kali per semester. Evaluasi dilakukan berupa es dan non-tes. Hasil menunjukkan dampak spiritual positif berupa peningkatan kedisiplinan beribadah, tanggung jawab menghafal, sikap hormat kepada guru, dan empati antar siswa. Demikian dapat disimpulkan bahwa pembiasaan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan secara teratur dan tersetruktur dapat meningkatkan kecerdasan spiritual sehingga akan memiliki dampak yang baik bagi kehidupan siswa, baik dilingkungan sekolah maupun masyarakat.















 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mistofa Ali dan Abdul Ghofur. Konsepsi Pembiasaan Sholat Dhuha dan Membaca Al- Qur’an dalam Meningkatkan Akhlak. (Jurnal Tarbiyah Syar’iyah: STIT Al Urwatul Wustqo Jombang, Vol. 29, No. 1).

Azra, Azyumardi. (2012). Paradigma Buku Pendidikan Nasional, (Yogyakarta: Kompas Media) Ginanjar, Ary Agustian. (2006). Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power Sebuah Inner Journey

Melalui Al-Ihsan (Jakarta: Arga).

Hamruni, dkk. (2021). Teori Belajar Behaviorisme dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-Tokohnya.

(Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).

Hermawan, Acep. (2013). Ulumul Qur’an Ilmu untuk Memahami Wahyu. (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya).

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. (Jakarta: Kencana Perdana Media Group). Mamanto, Samuel. (2023). Disiplin dalam Pendidikan. (Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi

Group) .

Nata, Abudin. (2010). Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesi, (Jakarta: Kencana Perdana Media Grup).

Qoni’ah, Siti. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Pada Peserta Didik Melalui Aktivitas Keagamaan. (Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman 5, No. 1).

Rahim, Abdan dan Agus Setiawan. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Islam Berbasis Pendidikan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Batu. (Jurnal Pendidikan Agama Islam IAIN Smarinda. Vol.7, No.1).

Rahman, M. A. (2016). Tafsir Tematik Atas Surah-Surah Pendek Juz ‘Amma, (Jakarta: Pustaka Arafah).

Shobariyah, E. (2018). Teknik Evaluasi Non-Tes.(Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam). Sudirman,dkk. (2024). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran “Neurosains dan Multiple

Intellegence”. (Jawa Tengah: PT. Pena Persada Kerta Utama).

Sulistyorini dan Johan Andriesgo. (2021). Supervisi Pendidikan. (Riau: DOTPLUS Publisher) Taufiq, Alfin dan Moeh Mukhlison. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan

Spiritual Terhadap Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Wungu Kabupaten Madiun, (Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 9, No. 2).

Wahab, Gunsnarib dan Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dana Pembelajaran. (Jawa Barat: CV. Adanu Abimata).

Widiyanto, Angga dan Nurul Latifatul Inayati. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan, (Munadhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 4, issue 2).

Zohar, Danah dan Ian Marshal. (2007). SQ: Kecerdasan Spiritual, Cetakan XI, (Bandung: Mizan).

PlumX Metrics

Published
2025-06-13
How to Cite
Sa’adah, D., & Toriyono, M. (2025). HARMONI QUR’ANI: Transformasi Spiritual Melalui Rutinitas Juz ‘Amma Di Mts Muhammadiyah Watulimo. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 143-162. https://doi.org/10.18860/mjpai.v4i2.15782