URGENSI INTEGRASI TASAMUH DAN TA’AYUSH DALAM MENGIKIS KEPANATIKAN MAZHAB TEOLOGI: Tinjauan Qs. Ali ‘Imran Ayat 103
Abstract
This study discusses the urgency of integrating the concepts of tasamuh (tolerance) and ta'ayush (harmonious coexistence) as a strategic effort to erode the fanaticism of theological schools of thought that often causes division among Muslims. By using a thematic interpretation approach to QS. Ali 'Imran verse 103, this study examines the values of unity, oneness, and mutual respect contained in the verse as a normative basis for building an inclusive and harmonious attitude between schools of thought. The research method used is qualitative with analysis of the text of the Qur'an and related literature that supports the understanding of tasamuh and ta'ayush in the context of Islamic theology. The results of the study indicate that the integration of the two concepts is very important to reduce excessive fanaticism and strengthen Islamic brotherhood. This study recommends that scholars, educators, and community leaders prioritize the values of tasamuh and ta'ayush in preaching and religious education in order to create a more inclusive, peaceful, and united Islamic society. Thus, this study makes an important contribution to the development of moderate and tolerant Islamic thought.
Abstrak
Penelitian ini membahas urgensi integrasi konsep tasamuh (toleransi) dan ta’ayush (hidup berdampingan secara harmonis) sebagai upaya strategis dalam mengikis sikap kepanatikkan mazhab teologi yang kerap menimbulkan perpecahan di kalangan umat Islam. Dengan menggunakan pendekatan tafsir tematik terhadap QS. Ali ‘Imran ayat 103, penelitian ini mengkaji nilai-nilai persatuan, kesatuan, dan saling menghormati yang terkandung dalam ayat tersebut sebagai landasan normatif untuk membangun sikap inklusif dan harmonis antarmazhab. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis teks Al-Qur’an dan literatur terkait yang mendukung pemahaman tasamuh dan ta’ayush dalam konteks teologi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kedua konsep tersebut sangat penting untuk mengurangi sikap fanatisme yang berlebihan dan memperkuat ukhuwah Islamiyah. Penelitian ini merekomendasikan agar para ulama, pendidik, dan pemimpin umat mengedepankan nilai-nilai tasamuh dan ta’ayush dalam dakwah dan pendidikan keagamaan guna menciptakan masyarakat Islam yang lebih inklusif, damai, dan bersatu. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pemikiran keislaman yang moderat dan toleran.
Downloads
References
Abdillah, and Nanang. “Madzhab Dan Faktor Penyebab Terjadinya Perbedaan.” Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 8(1), no. 1 (2014): 21–38. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/20/18.
Abdullah, Asilatul Hanaa, and Fauziah Fathil. “The Concept of Al-Ta’ayush in Islamic Cosmopolitanism: From Medina to Istanbul and Malacca.” Islamiyyat 43, no. 1 (2020): 163–71. https://doi.org/10.17576/islamiyyat-2021-4301-14.
Adawiah, Rabiatul, Nuril Khasyi’in, and Anwar Hafidzi. “STRATEGI ANTISIPASI GERAKAN FANATISME MAZHAB MELALUI MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN DI UIN ANTASARI BANJARMASIN.” Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 20, no. 2 (2021): 241–64. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v20i2.6435.
Adi Suhara. “Pengaruh Fanatisme Mazhab Terhadap Keberhasilan Dakwah.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 1, no. 1 (2020): 17. https://doi.org/10.51590/waraqat.v1i1.29.
Adirinarso, Dhipayasa. “Konsep Fanatisme Perspektif Al-Qur’an (Studi Komparatif Tafsir Al-Mishbah Dan At-Thabari.” Nucl. Phys. 13, no. 1 (2023): 104–16.
Afriadi, Rendi. “ANALISIS AYAT-AYAT PERSAUDARAAN DALAM ALQUR’AN PERSPEKTIF TAFSIR AL-QUR’AN AL-MAJID AN-NUR,” 2016.
Anulis, Wadan Y. “Internalisasi Nilai Moderasi Islam At-Tawasuth Wal I’tidal Di Sekolah.” Jurnal Basicedu 6, no. 6 (2020): 10402–13. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Ar-Rifa’i, Abdul Hannan. “Konsep Persaudaraan Intra Agama Islam.” Jurnal Ilmu Al-Quran Dan Tafsir 2, no. 2 (2022): 226–38. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/115-Article Text-258-1-10-20220930.pdf.
Arifuddin, Arifuddin, Muhammad Amri, Muhaemin Latif, and Hermanto Hermanto. “Ketuhanan Dalam Diskursus Teologi Mazhab Klasik.” TASAMUH: Jurnal Studi Islam 14, no. 2 (2022): 251–62. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i2.693.
Ayma, Syahratul, and Abdul Wahid Haddade. “Fanatisme Bermazhab Di Kalangan Masyarakat Islam Kota Makassar; Studi Komparatif Nahdhatul Ulama Dan Muhammadiyah.” SHAUTUNA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab 4, no. 3 (2023). https://doi.org/10.24252/shautuna.vi.32891.
Darman, Muhammad Syawal Rosyid. “KONSEP WASHATIYAH ISLAM PERSPEKTIF QURAISH SHIHAB (Telaah Kritik Nalar Islam Mohammed Arkoun).” Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 2 (2022): 147–59. https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v2i2.42.
Dr. Maksudin, M.Ag, and M.Pd Dr. Mohamad Yasin Yusuf, M.Pd Dr. Robingun. Thinking Map Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Agama Dan Sains-Teknologi. Jurnal (Berbasis Al-Quran Al-Hadis Dan Sunnatullah). Vol. 2, 2019.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” HUMANIKA 21, no. 1 (2021). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Faiz, Muhammad Taqiyuddin Iqbal. “Konsep Persatuan Bangsa Perspektif Hamka,” 2021.
Firdaus, Muhammad. “PERKEMBANGAN TAFSIR MAQAŞIDI DI TUNISIA DAN INDONESIA MODERN: STUDI KASUS PEMIKIRAN IBN ’ASHÜR DAN M. QURAISH SHIHАВ,” 2024.
HAMDAN, MOHAMMAD NAQIB, MOHD ANUAR RAMLI, SYAMSUL AZIZUL MARINSAH, RAHIMIN AFFANDI ABDUL RAHIM, MUHD IMRAN ABDUL RAZAK, and MUHAMMAD IZZUL SYAHMI. “APLIKASI FIQH AL-TA ’ AYUSH YANG BERORIENTASIKAN PRINSIP WASATIYYAH DALAM MEMBINA KEHARMONIAN.” Jurnal Hadhari 1, no. June (2021).
Harari, Abdullah al. “Analisis Kontra Narasi Ekstremisme Dalam Perspektif Pendidikan Islam,” 2025.
Hasbi, Aurana Zahro El, and Noor Fuady. “Moderasi Beragama, Tasamuh, Dan Sinkretisme (Dinamika Sosial Keagamaan Umat Islam).” KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2024): 169–82. https://doi.org/10.69698/jpai.v2i1.519.
Hefni, Wildani, Imam Mustofa, and Rizqa Ahmadi. “Looking for Moderate Fiqh: The Thought of Mohammad Hashim Kamali on the Reformation of Rigidity and Inflexibility in Islamic Law.” Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam 10, no. 1 (2025): 30–57. https://doi.org/10.29240/jhi.v10i1.10694.
Huzali, Ikhsan. “Implementasi Hadist Tasamuh Dalam Bermasyarakat,” no. 3 (2024).
Intoleransi, Sikap, and Radikalisme Dan Terorisme. “Konsep Pendidikan Islam Wasathiyah ( Strategi Mencegah” 14, no. 4 (2024): 503–15.
Khashogi, Luqman Rico. “Konsep Ummah Dalam Piagam Madinah.” Jurnal Agama Dan Hak Azazi Manusia 2, no. 1 (2012): 93–116.
Moderasi, D A N, Tantangan Serta, and Hifdzul Malik. “Sinkritisme, Tasamuh, Dan Moderasi: Tantangan Serta Peluang Dalam Mewujudkan Masyarakat Inklusif” 24, no. 2 (2024).
Mohamad Zaenal Abidin. “Pentingnya Bermadzhab Dan Larangan Fanatisme Menurut Pandangan KH. Hasyim Asy’ari.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Jurnal Permata 1, no. 1 (2020).
Mouwn Erland. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, 2020.
Muhaemin, Ujang Mimin. “NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM AL-QUR’AN: STUDI KOMPARATIF PENAFSIRAN KLASIK DAN KONTEMPORER.” L-Tadabbur: Jurnal Ilmu Quran Dan Tafsir 9, no. November (2024): 295–304. https://doi.org/10.30868/at.v9i02.7664.
Mukhtar, and Tutik Hamidah. “Pentingnya Nilai Persatuan Perpektif Al-Quran Surah Al-Imran Ayat 103 Dalam Mengatasi Pandemi Covid-19.” Jurnal Online Studi Al-Qur An 17, no. 02 (2021): 287–310. https://doi.org/10.21009/jsq.017.2.07.
Mursalin, Hisan. “Mazhab Teologi Dalam Islam.” Rayah Al-Islam : Jurnal Ilmu Islam 7, no. 3 (2023): 1737–54.
Mustafa, Mujetaba. “Toleransi Beragama Dalam Perspektif Al-Qur ’ an” 7, no. April (2015): 1–18.
Nur. “KONSEP TASAMUH DI INDONESIA PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH (Studi Analisis Penafsiran Surah Al-An’am Ayat 108).” Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam 4, no. 1 (2023). https://doi.org/10.58401/takwiluna.v4i1.804.
NurWulan, Hani, Lindhia Tika Widiyawati, Anjar Maulana Muhamad, and Bakti Fatwa Anbiya. “Aktualisasi Nilai-Nilai Persatuan Menurut Qs. Ali-Imran Ayat 103 Dalam Konteks Keindonesiaan.” At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam 6, no. 1 (2024): 1461–74. https://doi.org/10.20885/tullab.vol6.iss1.art1.
Othman, Yasir. “Konsep Tasamuh Menurut Al-Quran Dan Relevansinya Dengan Kepribadian Konselor Konvensional.” Uin Ar-Raniry Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, 2021, Hal 30.
Pristiwati, Endang, Sonia Haira Rahma, and Laila Munada. “PERUMPAMAAN KESATUAN DAN PERSATUAN DALAM QUR’AN (Analisis Q.S IBRAHIM:24 AL MU’MINUN: 52 ALI IMRAN:103 DALAM BINGKAI HUKUM TATA NEGARA).” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 1 (2017): 1–16.
Putri, Luqyana Azmiya, and Doli Witro. “KONSEP INTEGRASI TASAMUH QUR’ANI DALAM PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA.” Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.54583/apic.vol5.no2.97.
Rahmawati. “Perkembangan Pemikiran Dan Peradaban Islam.” Urnal Rihlah Vol. V No. 2/2016 Vol.V, no. 2 (2016): 108–22.
Ramadhan, Fahri Sahrul, and Ahmad Saeful Hidaya. “Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Fungsi Manajemen Pendidikan.” Inovatif: Penelitian Keagamaan Dan Kebudayaan 10, no. 1 (2024): 86–107.
Riduan, Ahmad, Zainap Hartati, and Muhammad Nasir. “Mu ’ Tazilah Di Era Modern : Kajian Konsep Keadilan , Kebebasan , Dan Rasionalitas Dalam Pemikiran Islam Di Antaranya Melalui Karya-Karya Seperti The Arab Thought Oleh Muhammad Abed” 5, no. 1 (2025): 37–53.
Rika Widianita, Dkk. “PERAN KOMUNIKASI DAKWAH DALAM MEMBINA UKHUWAH ISLAMIYAH DI DESAGARAUPA RAYA KECAMATAN PASILAMBENA KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam VIII, no. I (2023): 1–19.
Rofiqoh, Maulidatur. “Fanatisme Mazhab Dalam Penafsiran (Studi Tafsir Sektarian Atas Ayat Ahkam Dalam Tafsir Ahkam Al-Quran Karya Al-Kiya Al-Harrasi).” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2020, 1–150. https://core.ac.uk/download/pdf/343201044.pdf.
Saihu, Saihu. “Al-Quran Dan Pluralisme.” Suhuf 13, no. 2 (2020): 183–206. https://doi.org/10.22548/shf.v13i2.493.
Sholihah, Ellyatus, Sofyan As-tsauri, and Khoirin Nikmah. “Islam Nusantara Sebagai Model Pemikiran Dan Pengamalan Islam” 2 (2025).
Sileuw, Fadhlan Haqqan. “Strategi Dosen Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Beragama Pada Mahasiswa Di IAIN Fattahul Muluk Papua,” 2023.
Untuk, Diajukan, Memenuhi Tugas, Akhir Dan, and Melengkapi Syarat. “PERSAHABATAN MUSLIM DENGAN NON-MUSLIM (Studi Analisis Penafsiran Surah Al-Mumtahanah Ayat 1 Dalam Tafsir Al-Munir Karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili),” 2025.
Wardhana, Aditya. “INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF,” 157–73, 2023.
Wasim, Arif Al. “Fanatisme Mazhab Dan Implikasinya Terhadap Penafsiran Al-Qur’an.” Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum IV, no. 01 (2018): 13–22.
Zulkarnain, Zulkarnain, and Ziaul Haq. “Pengaruh Fanatisme Keagamaan Terhadap Perilaku Sosial.” Kontekstualita 35, no. 01 (2020): 25–38. https://doi.org/10.30631/35.01.25-38.






